4 TIPS & CARA DIET IBU MENYUSUI YANG AMAN

Usai melahirkan berat badan seorang ibu akan bertambah menjadi beberapa kilogram. Bagi beberapa ibu pasca melahirkan keinginan untuk mendapatkan kembali tubuh yang ideal seperti sebelum hamil dan melahirkan merupakan sebuah keinginan yang harus terwujud. Namun kendalanya adalah melakukan diet pada saat menyusui akan mengurangi asupan makanan serta nutrisi baik bagi ibu menyusui maupun pada sang buah hati. Tapi, diet ibu menyusui berikut ini dapat dipraktekkan dan pastinya aman bagi ibu menyusui. Karena tidak menggunakan bahan kimia seperti produk pelangsing yang akan memberikan efek samping, baik terhadap ibu menyusui maupun terhadap si buah hati.

Seperti yang diketahui bahwa asupan makanan ibu menyusui sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Namun, keinginan untuk mendapatkan tubuh yang ideal sebelum melahirkan begitu kuat karena dapat menunjang penampilan dan menyenangkan hati suami. Akan tetapi, diet yang salah justru akan membuat tumbuh kembang anak akan menjadi terganggu. Diet untuk ibu menyusui yang aman dapat dilakukan dengan menggunakan cara alami tanpa melakukan diet ekstrem yang bisa merugikan tubuh.

diet ibu menyusui

Image: howtostoyno.altervista.org

Berikut beberapa cara diet ibu menyusui yang bisa Anda praktekkan. Tetap menjaga asupan makanan dan gizi yang berguna bagi tumbuh kembang anak kelak.

Baca Juga :  OBAT FLU UNTUK IBU MENYUSUI SECARA ALAMI & AMAN

Konsumsi Makanan yang Sehat

Ibu menyusui memang harus selalu memperhatikan asupan makanan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh.  Namun, jika ibu menyusui ingin menurunkan berat badannya, maka diet untuk ibu menyusui yang sesuai adalah dengan mengubah pola makan dengan makanan yang sehat. Ibu menyusui dapat memperbanyak buah dan sayuran, selain memperbanyak jumlah air susu ibu (ASI) sayuran dan buah juga dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga berat badan dapat turun secara perlahan. Baca juga: 15 Makanan Sehat Ibu Menyusui.

Terhidrasi

Ketika melakukan olahraga, maka tubuh akan terhidrasi yang akhirnya berpengaruh pada menurunnya berat badan pada tubuh. Pada ibu menyusui, saat menyusui memiliki terhidrasi yang memiliki pengaruh yang sama dengan olahraga. Untuk menyeimbangkannya dapat dilakukan dengan memperbanyak air putih dan jus. Anda dapat menggunakan jus buah atau sayur untuk mengembalikan energi yang telah terhidrasi ketika menyusui sang buah hati.

Baca Juga :  OBAT SAKIT GIGI UNTUK IBU MENYUSUI PALING AMAN

Melakukan Diet Gizi

Diet ibu menyusui pada prinsipnya sama dengan diet kebanyakan. Yang membedakan adalah cara diet ibu menyusui harus disesuaikan dengan asupan dan nutrisi yang masuk karena akan berpengaruh pada sang buah hati dan jumlah air susu ibu. Ibu menyusui yang sedang diet, dapat melakukan diet gizi yaitu dengan cara memperbanyak sayur dan buah. Selain itu protein yang dikonsumsi adalah protein yang bebas lemak. Baca juga: Risiko Langsing Setelah Melahirkan.

Olahraga

Siapa bilang ibu menyusui tidak boleh melakukan kegiatan olahraga. Justru dengan berolahraga ibu menyusui memiliki fisik yang kuat dan sehat serta memperlancar darah yang akan berpengaruh pada jumlah air susu ibu. Selain itu diet untuk ibu menyusui harus diimbangi dengan olahraga yang berguna membakar lemak yang berlebih ketika masa mengandung sebelumnya. Lakukan olahraga yang ringan seperti jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang dan juga Anda bisa melakukan yoga.

Baca Juga :  Wanita Sexy Didunia

Cara diet ibu menyusui memang dasarnya hampir sama dengan diet pada umumnya. Mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga adalah dasar dari melakukan diet sehat. Untuk ibu menyusui alangkah lebih baik untuk memperbanyak sayur dan buah, karena dapat melancarkan air susu ibu serta meluruhkan lemak dalam tubuh.

Jadi ucapkan selamat tinggal untuk diet ibu menyusui yang ekstrem. Menyusui juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan Anda, hanya perlu ditambah dengan metode lain untuk memaksimalkan usaha Anda dalam menurunkan berat badan.

Tags: Ibu Menyusui

Related Post "4 TIPS & CARA DIET IBU MENYUSUI YANG AMAN"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup