6 TIPS MENGATASI KAKI BENGKAK SAAT HAMIL

Kaki bengkak saat hamil menjadi salah satu kendala bagi bumil. Selama kehamilan memang ibu hamil akan mengalami banyak perubahan fisik, mulai dari postur tubuh saat hamil hingga perut yang semakin membesar. Akan tetapi, Anda harus mewaspadai apabila ada beberapa tanda abnormal selama kehamilan, seperti turunnya berat badan, menurunnya kesehatan ibu hamil, hingga kaki bengkak selama kehamilan. Pembengkakan pada bagian kaki ketika hamil ini seringkali ditemukan pada sejumlah ibu hamil karena semua beban tubuh ditopang oleh kaki.

Sebenarnya kondisi kaki bengkak saat hamil sendiri merupakan hal yang wajar, namun jika kondisinya semakin serius maka Anda harus menangani kondisi ini segera. Lalu, apa penyebab kaki bengkak itu sendiri? Ya, berdasarkan ilmu medis sendiri kaki bengkak disebabkan oleh kondisi kaki yang menahan cairan tubuh dan diperparah dengan keadaan rahim ibu hamil yang kian hari kian besar. Pada kondisi ini, cairan akan banyak tertimbun di area kaki dan menimbulkan pembengkakan. Adapun kondisi kaki bengkak selama kehamilan ini umumnya terjadi di trimester ketiga, tepatnya di usia-usia kehamilan 7 bulan lebih. Sementara itu, bagi Anda yang khawatir dengan kondisi kaki yang bengkak selama kehamilan, sebaiknya diatasi dengan cara berikut ini.

Baca Juga :  USIA KEHAMILAN PERTAMA YANG AMAN BAGI WANITA

mengatasi kaki bengkak saat hamil

Hindari berdiri terlalu lama

Karena kaki merupakan penopang bobot tubuh, maka sebaiknya hindari berdiri dalam waktu yang lama. Selain itu, dengan memaksakan diri Anda berdiri semakin lama membuat otot melemah dan juga peredaran darah semakin terhambat. Untuk itu, hindari berdiri terlalu lama apalagi jika Anda memakai sepatu high heels.

Posisi kaki harus lebih tinggi saat duduk

Cara mengatasi kaki bengkak selama kehamilan berikutnya adalah ketika posisi sedang duduk sebaiknya letakkan kaki Anda lebih tinggi dibandingkan bagian dada, sehingga melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini juga berlaku saat bunda sedang tidur.

Posisi tidur miring ke kiri

Dengan memiringkan posisi tidur Anda ke sebelah kiri, maka membuat pembuluh darah bagian balik berada di sebelah kanan, sehingga meminimalisir tekanan pada tubuh ibu hamil.

Baca Juga :  5 MASALAH KULIT PADA IBU HAMIL & PERAWATANNYA

Lakukan olahraga rutin

Sebenarnya, kondisi kaki yang bengkak ketika hamil itu sendiri diakibatkan tidak lancarnya sirkulasi darah. Maka dari itu, bunda sebaiknya harus melakukan olahraga secara teratur dengan rutin untuk mencegah dan mengatasi terjadinya pembengkakan pada kaki. Baca juga: Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Hamil.

Jangan menggunakan sepatu tali

Bagi bunda hamil, sebaiknya hindari pemakaian sepatu tali yang bisa mengikat bagian kaki. Hal ini juga bisa menghambat sirkulasi darah dalam tubuh.

Lakukan latihan ringan di area kaki

Untuk mengurangi bengkak di kaki, sebaiknya lakukan latihan ringan yang menitikberatkan pada bagian kaki. Dengan cara menekuk atau meluruskan bagian pergelangan kaki. Anda bisa melakukan hingga 30 kali gerakan tiap harinya.

Baca Juga :  7 TANDA KEHAMILAN WANITA YANG NORMAL DAN SEHAT

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil untuk bunda yang sedang hamil. Semoga membantu ya bun!

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "6 TIPS MENGATASI KAKI BENGKAK SAAT HAMIL"

Perkembangan Janin Usia 1-9 Bulan Era Kehamilan
Perkembangan Janin Usia 1-9 Bulan. Masa kehamilan
Jenis Buah yang Bisa Menghilangkan Kista saat Hamil Terbukti Ampuh
Jenis Buah yang Bisa Menghilangkan Kista saat
10 Minuman Meredakan Rasa Mual Saat Hami
10 Minuman Meredakan Rasa Mual Saat Hami.
Bolehkah Ibu Hamil Kerokan dan Mengetahui Bahayanya
Sebagian besar orang kita tidak asing mendengar