4 TIPS IBU HAMIL 9 BULAN AGAR PERSALINAN LANCAR

Ibu hamil 9 bulan. Masa-masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi wanita yang baru menikah. Tak hanya pada trimester pertama saja kehamilan perlu dijaga, tetapi juga pada usia-usia kehamilan 9 bulan tentunya bunda harus tetap menjaga kehamilan hingga persalinan nanti. Apalagi masa-masa kehamilan 9 bulan, bunda sudah mulai merasakan kecemasan karena sudah mendekati persalinan. Sehingga bayangan tentang persalinan yang menakutkan pun mulai menggelayuti pikiran wanita hamil 9 bulan ini.

Bunda yang sedang hamil, sebaiknya tetap merasakan ketenangan lahir dan batin. Sehingga, janin yang ada di dalam kandungan pun tetap sehat. Untuk itu, ada beberapa tips wanita hamil 9 bulan seperti berikut di bawah ini.

ibu hamil 9 bulan

Image: appario.net

Lakukan Olahraga Ringan

Pada ibu hamil 9 bulan, hal yang paling penting dilakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga ringan atau senam hamil ini diperuntukkan bagi bunda yang memasuki usia kehamilan 9 bulan untuk mempersiapkan persalinan. Dengan melakukan olahraga yang ringan secara rutin, maka dapat membantu menguatkan otot-otot dalam perutnya. Anda bisa melakukan olahraga ringan secara teratur seperti jalan santai, berenang, jalan kaki, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter kandungan untuk menanyakan olahraga apa saja yang aman bagi usia kehamilan 9 bulan. Baca juga: Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil.

Baca Juga :  BIAYA PROGRAM BAYI TABUNG DENGAN TEKNOLOGI PGS

Hindari Stress

Bagi bunda yang sedang hamil 9 bulan, sebaiknya jangan terlalu banyak pikiran. Karena stres yang berat bisa mempercepat kontraksi dalam perut sebelum waktunya. Maka dari itu, bunda harus selalu relaks dan tenang dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu, Anda akan merasa bahagia dengan aktivitas yang dilakukan. Baca juga: Bahaya Stres Pada Bumil.

Tetap Mesra Bersama Pasangan

Untuk meminimalisir rasa tegang di usia kehamilan 9 bulan, sebaiknya Anda melakukan segala hal berdua bersama pasangan agar terasa lebih mesra dan romantis. Tips wanita hamil 9 bulan ini dapat membuat bunda terasa lebih relaks dan bahagia, sehingga bunda melupakan ketegangan ketika terbayang masa-masa persalinan nanti. Bunda bisa melakukan hal-hal yang mesra seperti makan bersama, dinner bersama, nonton bersama, selalu ber-cinta dan makin mesra bersama pasangan. Selain itu, dengan semakin mesra bersama pasangan dapat membuat ikatan tali antara orang tua dan janin dalam kandungan semakin erat.

Baca Juga :  5 TIPS MENJAGA KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

Tidur yang cukup

Pada masa-masa kehamilan 9 bulan, maka sebaiknya bunda memperhatikan pola tidur bunda selama ini. Tidur yang cukup membuat Anda lebih relaks dan lebih tenang, serta bisa menghindari stress. Anda bisa memilih posisi tidur dengan berbaring miring ke sebelah kiri agar janin mendapatkan oksigen yang cukup. Selain itu, hindari juga makan berat sebelum Anda tidur. Hal ini akan membuat Anda kesulitan tidur. Untuk itu, jadwalkan tidur Anda secara teratur agar tetap bugar.

Nah itulah 4 tips ibu hamil 9 bulan agar tetap sehat serta dapat mempersiapkan persalinannya nanti setelah tiba waktunya.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "4 TIPS IBU HAMIL 9 BULAN AGAR PERSALINAN LANCAR"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup