4 MANFAAT MADU UNTUK IBU HAMIL YANG BERKHASIAT

Apa sih manfaat madu untuk ibu hamil? Ya, seperti kita ketahui madu merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak khasiat. Madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik yang sangat dibutuhkan tubuh. Pemanis alami ini memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang manis dan lezat. Namun, bolehkah madu di konsumsi oleh ibu hamil? Saat sedang hamil memang terkadang sang ibu ragu untuk mengkonsumsi makanan yang bermacam-macam karena khawatir akan memberikan dampak yang negatif bagi janinnya.

Ya, jika berbicara boleh atau tidak madu untuk ibu hamil, sebenarnya madu memberikan banyak manfaat bagi ibu yang sedang hamil. Namun, Anda harus memperhatikan keaslian madu yang dibeli di pasaran. Madu alami, akan memberikan banyak khasiat bagi ibu maupun janin yang dikandungnya. Ada beberapa manfaat yang diberikan madu bagi wanita yang sedang hamil seperti berikut ini: 

manfaat madu untuk ibu hamil

Image: www.buzzle.com

Mencegah keputihan pada wanita hamil

Baca Juga :  MEMILIH SUSU IBU HAMIL YANG BAIK DAN SEHAT

Tak jarang kita seringkali mendengar keluhan keputihan yang dialami oleh wanita hamil. Namun dengan mengkonsumsi madu, maka keputihan pun dapat dihindari dan dikurangi. Keputihan itu sendiri tak lain disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Sementara itu, antibacterial yang terdapat pada madu justru bisa membantu ibu hamil untuk mencegah terjadinya keputihan. Tak hanya itu, madu juga berkhasiat untuk mencegah aneka macam penyakit yang disebabkan baik oleh bakteri maupun jamur.

 

Menetralkan kadar gula dalam darah

Diabetes atau kadar gula berlebih dalam darah juga merupakan salah satu faktor penyebab kehamilan beresiko. Tetapi dengan mengkonsumsi madu yang merupakan pemanis alami yang mengandung glukosa dan fruktosa bisa membantu mengendalikan kadar gula dalam darah sang ibu hamil. Ya, meskipun madu terbilang sangat manis namun madu tidak akan membuat kadar gula dalam darah menjadi meningkat.

Baca Juga :  KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA, KONSUMSI 8 MAKANAN INI

 

Menjaga stamina dan daya tahan tubuh ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh dan stamina ibu yang sedang hamil. Hal ini tidak lain dikarenakan madu mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung asam amino, enzim dan mineral yang sangat baik yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sehingga madu sangat berkhasiat untuk menjaga kondisi tubuh sang ibu agar tetap prima.

Pengobatan ringan

Kita juga seringkali mendengar ibu hamil yang sulit untuk memilih obat ketika sedang sakit, terutama pada penyakit-penyakit ringan seperti batuk, sakit tenggorokan dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan ibu hamil tidak sembarangan memilih obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ringan tersebut. Namun, dengan menggunakan madu maka tak ada lagi keraguan bagi ibu hamil untuk mengobati berbagai macam penyakit ringan yang dialami dengan pengobatan secara alami ini. Ya, madu merupakan obat dari berbagai macam penyakit yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, tanpa memberikan dampak negatif pada janin yang dikandungnya.

Baca Juga :  5 TIPS MENCEGAH BERAT JANIN BERLEBIH (BAYI BESAR)

Ya, itulah beberapa manfaat madu untuk ibu hamil yang didapatkan dari kandungan-kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang terdapat dalam madu.

Tags: Nutrisi Ibu Hamil

Related Post "4 MANFAAT MADU UNTUK IBU HAMIL YANG BERKHASIAT"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal