5 CARA MENGATASI WASIR PADA IBU HAMIL

5 Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil – Saat hamil, tentunya akan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seorang wanita, sebagaimana pernah Kami bahas dalam 7 Perubahan Tubuh Ibu Hamil. Mulai dari perubahan emosi hingga fisik. Bahkan tidak jarang perubahan tersebut juga mengganggu kesehatan badan. Salah satu jenis gangguan kesehatan yang cukup banyak ditemui oleh para ibu hamil adalah wasir, sebuah penyakit yang membuat siapapun merasa tidak nyaman, apalagi bagi seorang ibu hamil. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya perubahan hor-monal yang mampu mengurangi kemampuan sistem pencernaan ibu hamil sehingga menyebabkan sembelit. Bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut 5 cara mengatasi wasir pada ibu hamil.

Minum air putih

Untuk menghindari terkena wasir selama dalam masa hamil, Anda harus lebih banyak mengkonsumsi banyak air ataupun cairan. Air adalah minuman alami yang sangat baik untuk dapat memperbaiki sistem pencernaan Anda, karena air mampu menghindarkan Anda dari konstipasi dan sembelit.

Wasir pada ibu hamil

Image: www.linkedin.com

Perbanyak makan serat

Baca Juga :  5 PANTANGAN IBU HAMIL YANG SANGAT PENTING

Serat juga merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Karena serat sangat baik untuk dapat memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh. Apabila saat Anda sedang hamil, sebaiknya perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung cukup serat seperti biji-bijian, buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dan juga sayuran.

Melakukan Yoga

Peregangan yang terdapat di dalam gerakan yoga sangat baik untuk dapat meningkatkan kesehatan dalam sistem pencernaan Anda. Latihan pernapasan yang terdapat di dalam yoga juga baik untuk membantu ibu hamil dalam mempersiapkan proses persalinan. Namun ibu hamil juga harus berhati-hati dalam melakukan yoga supaya tidak membahayakan bagi janin Anda. Silahkan membaca juga:

Baca Juga :  OBAT FLU UNTUK IBU MENYUSUI SECARA ALAMI & AMAN

Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

6 Olahraga Bagi Ibu Hamil

Gerakan Senam Ibu Hamil

Perbanyaklah aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas secara fisik juga dapat meningkatkan resiko ibu hamil terkena penyakit wasir. Sebab apabila Anda kurang bergerak, tentu saja proses pencernaan Anda jadi cenderung melambat dan kemudian bisa menyebabkan sembelit yang akhirnya menyebabkan wasir.

Hubungi dokter

Apabila wasir yang Anda alami tidak juga kunjung sembuh, jangan pernah ragu untuk menghubungi dokter. Sebab wasir yang Anda biarkan saja selama kehamilan dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit tambahan selama persalinan. Baca juga: Metode Melahirkan Tanpa Rasa Sakit.

Itulah 5 cara mengatasi wasir pada ibu hamil. Wasir akan memperparah rasa tidak nyaman pada saat hamil. Apalagi ibu hamil mood-nya sering berubah-ubah. Seperti yang pernah kami bahas dalam Penyebab Ibu Hamil Sering Bad Mood. Oleh sebab itu hindarilah beberapa hal di atas yang mampu menyebabkan wasir pada wanita hamil sehingga seorang ibu hamil dapat terhindar dari penyakit yang sangat mengganggu kenyamanan ini.

Related Post "5 CARA MENGATASI WASIR PADA IBU HAMIL"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal