6 MASALAH KESEHATAN IBU HAMIL SETELAH MELAHIRKAN

6 Masalah Kesehatan Ibu Hamil Setelah Melahirkan – Kehamilan tentu akan membawa perubahan besar pada tubuh seorang wanita. Itulah sebabnya, kehamilan juga sering meninggalkan jejak pada beberapa bagian tubuh Anda bahkan setelah Anda melahirkan sekalipun. Berikut ini merupakan 6 masalah kesehatan ibu hamil setelah melahirkan yang umum terjadi pada seorang ibu sebagaimana yang telah dilansir oleh Boldsky.

1. Sakit punggung

Sebagian besar ibu hamil akan merasakan nyeri punggung setelah melahirkan, setidaknya selama 6 bulan pasca kelahiran. Anda perlahan-lahan bisa pulih dari kondisi tersebut dengan melakukan olahraga fisik dengan rutin.

kesehatan ibu hamil

Image: enroutetolife-taani.blogspot.com

2. Risiko osteoporosis

Aabila Anda tidak mengkonsumsi asupan kalsium yang terbilang cukup selama dalam masa kehamilan, tulang Anda nantinya akan kehilangan cukup banyak kalsium setelah melahirkan. Hal tersebut terutama berlaku bagi seorang wanita yang pada saat hamil berada pada kisaran usia 30-an dan 40-an.

Baca Juga :  MANFAAT KACANG BAGI KESEHATAN IBU HAMIL

3. Batu empedu

Selama dalam masa kehamilan, h0rmon pro-gesteron disekresi di dalam jumlah yang besar. H0rmon yang satu ini menghambat sekresi pada cairan empedu. Kondisi seperti ini akan menyebabkan adanya pembentukan batu pada kandung empedu.

4. Risiko hernia

Seorang ibu hamil yang menjalani persalinannya dengan operasi sesar dan juga kurang istirahat selama dalam masa penyembuhan akan berisiko terkena hernia ataupun yang dikenal dengan turun berok.

5. Risiko depresi

Depresi setelah seorang ibu melahirkan merupakan salah satu masalah kesehatan emosional yang serius dan sering terjadi pada kebanyakan wanita hamil. Hal ini dapat menyebabkan depresi klinis yang terkadang membutuhkan sebuah perhatian khusus dari medis ahli. Baca juga: Bahaya Depresi Selama Masa Kehamilan.

Baca Juga :  5 TIPS MENGATASI PERUT MULAS SAAT HAMIL

6. Mastitis

Mastitis merupakan infeksi pay-udara yang dapat menyebabkan rasa sakit serta demam. apabila Anda menderita mastitis, maka Anda harus berhenti untuk menyusui bayi Anda. Masalah kesehatan yang ini bisa disembuhkan dengan bantuan antibiotik.

6 masalah kesehatan ibu hamil setelah melahirkan yang banyak terjadi belakangan ini. Anda tentu saja dapat terhindar dari berbagai masalah tersebut dengan selalu menjaga kesehatan, menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, serta selalu rutin memerikasakan kehamilan pada dokter kandungan. Dan satu lagi, sebaiknya Anda jangan pernah mengabaikan keluhan sekecil apa pun yang Anda rasakan.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "6 MASALAH KESEHATAN IBU HAMIL SETELAH MELAHIRKAN"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup