BERAT BADAN IBU HAMIL TENTUKAN KECEDASAN ANAK

Berat Badan Ibu Hamil Tentukan Kecerdasan Anak – Kelebihan berat badan di masa kehamilan berisiko melahirkan bayi dengan IQ yang rendah, studi ilmiah terbaru yang hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal Pediactris membuktikan bahwa anak-anak yang telah lahir dari seorang ibu yang memiliki kelebihan berat badan saat mengandung ternyata tingkat kecerdasan atau IQ yang lebih rendah. Terutama dalam kemampuan verbal dan juga hitungan. Penelitian ini membuktikan bahwa berat badan ibu hamil menentukan kecerdasan anak.

Emre Basatemur yang jadi pemimpin studi tersebut dari Institut Kesehatan Anak di University College London telah mempelajari 20.000 orang anak di Inggris dalam sebuah studi nasional. Anak-anak yang diuji dalam penelitian tersebut lebih ditekankan pada kemampuan verbal, berhitung dan juga keterampilan. Studi ini dilakukan pada anak yang berusia 5 sampai 7 tahun. Hasilnya, sebagaimana dimuat dalam laman dilansir Medical Daily, ternyata rata-rata anak yang dilahirkan dari ibu yang obesitas saat mengandung mempunyai tingkat kecerdasan atau IQ yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang dilahirkan dari ibu dengan berat badan normal saat mengandung.

Berat badan ibu hamil

Image: listtoptens.com

Namun, para peneliti juga mencatat perbedaan di dalam skor tes tersebut sangat kecil. Setiap kenaikan 10 titik dari massa tubuh seorang ibu hamil (tambahan sebesar 30 kg), akan dapat mempengaruhi penurunan 1,5 skor IQ pada anaknya. Namun di balik itu semua, Basatemur juga menyebutkan bahwa faktor genetik dan lingkungan juga bisa mempengaruhi perkembangan kognitif pada seorang anak.

Para ahli juga mengatakan bahwa obesitas pada seorang wanita bukan merupakan hal yang baik, terutama bagi kesehatan dan juga masa kehamilan. Wanita yang memiliki masalah obesitas cenderung akan terkena oleh risiko kegu-guran dan juga anak lahir cacat bawaan.

Karena berat badan ibu hamil menentukan kecerdasan anak, sebaiknya Anda selalu menjaga berat badan dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Jangan melakukan diet sembarangan, karena tentu saja diet ibu hamil dengan wanita yang sedang tidak hamil berbeda, bisa-bisa hal tersebut malah mengurangi asupan nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan.

Baca Juga :  8 WAKTU YANG TEPAT UNTUK USG SAAT HAMIL

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "BERAT BADAN IBU HAMIL TENTUKAN KECEDASAN ANAK"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal