BAHAYA JARAK KEHAMILAN TERLALU DEKAT

Bahaya Jarak Kehamilan Terlalu Dekat – Apakah Anda berencana untuk punya momongan lagi dalam waktu dekat? Apakah sudah memperhitungkan rentang waktu yang ideal dengan kehamilan sebelumnya? Ada sebuah kesamaan antara beberapa aktris Hollywood seperti Jessica Simpson, Megan Fox ataupun Kristen Bell, mereka bukan hanya menjadi sukses dalam kariernya, tetapi juga para pesohor tersebut hamil kurang dari 2 tahun sejak kelahiran bayi pertamanya.

Dalam kehidupan di sekitar, mungkin Anda juga banyak menemukan saudara, teman, atau bahkan tetangga yang masa kehamilannya berjarak cukup dekat dari kehamilan mereka sebelumnya. Tahukah Anda bahwa jarak kehamilan yang bisa dikatakan terlalu dekat tersebut sebenarnya bisa berdampak negatif atau berbahaya bagi seorang ibu karena dapat menyebabkan komplikasi.

Di dalam sebuah studi meta analisis yang dilakukan tahun 2006 silam ditemukan bahwa jarak kehamilan yang masih kurang dari 18 bulan erat kaitannya dengan berat badan bayi yang rendah, persalinan yang masih kurang bulan dan juga ukuran bayi tidak sesuai dengan usia kehamilannya.

jarak kehamilan ideal

Image: paleocafe.org

Bukan cuma itu, seorang ibu yang hamil lagi dalam waktu kurang dari enam bulan setelah kelahiran sebelumnya mempunyai risiko 40 % melahirkan bayi prematur dan 61 persen risiko melahirkan bayi dengan berat lahir yang rendah, apabila dibandingkan dengan seorang wanita yang hamil dengan jarak minimal 18 bulan kemudian.Risiko lainnya dari kehamilan yang jaraknya terlalu dekat adalah mengalami anemia pada masa kehamilan berikutnya. Risiko seperti tentu saja tidak bisa dianggap enteng karena dapat berdampak tidak baik pada kesehatan ibu dan juga bayinya. Hal tersebut karena tubuh seorang ibu belum cukup untuk dapat mengumpulkan cadangan nutrisi setelah melalui kehamilan pertamanya.

Baca Juga :  WANITA HAMIL JANGAN BERDIRI TERLALU LAMA

Dengan berbagai alasan secara medis tersebut, organisasi kesehatan dunia atau WHO saat ini menganjurkan kepada para ibu untuk mengatur jarak antara kehamilannya sekitar 2 hingga 5 tahun. Marielena Guerra, seorang dokter kandungan di Florida juga menyebutkan bahwa kehamilan kedua dengan jarak terlalu dekat juga akan menyulitkan seorang ibu dalam proses pemberian ASI kepada bayinya.

Saat seorang ibu menyusui, tubuhnya akan melepaskan hor-mon oksitosin yang juga dapat memicu k0ntraksi. Jadi apabila Anda sedang hamil dan sekaligus masih menyusui bayi pertama, kemungkinan untuk mengalami kon-traksi akan lebih sering dan juga akan lebih kuat.Selain berbagai alasan medis tersebut, bahaya jarak kehamilan terlalu dekat lainnya juga dapat membuat si kecil menjadi kurang diperhatikan oleh seorang ibu yang sedang mengandung. Padahal sebagaimana kita ketahui, bahwa si kecil yang masih belum berusia satu ataupun dua tahun, karena sedang membutuhkan kasih sayang dan belaian ibu.

Baca Juga :  TIPS SEHAT KEHAMILAN BAGI IBU DIABETES

Itulah beberapa bahaya jarak kehamilan terlalu dekat. Tentu kadang-kadang seorang ibu tidak bisa menentukan sendiri masa kehamilannya. Oleh sebab itu, konsultasikan dengan dokter untuk dapat mengetahui metode kontra-sepsi yang paling baik setelah Anda melahirkan. Semuanya demi kesehatan ibu dan juga si buah hati.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "BAHAYA JARAK KEHAMILAN TERLALU DEKAT"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut