USIA KEHAMILAN PERTAMA YANG AMAN BAGI WANITA

Usia Kehamilan Pertama Yang Aman Bagi Wanita – Mempunyai keturunan merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh kebanyakan wanita. Seringkali disarankan untuk para wanita untuk agar memiliki anak pertamanya di usia awal 20 tahunan serta tidak lebih dari usia 35 tahun. Hamil pertama pada usia 35 tahunan hanya akan meningkatkan risiko timbulnya komplikasi, kegu-guran dan masalah lainnya.

Meskipun diketahui bahwa timbulnya risiko tersebut akan berbeda bergantung pada kondisi kesehatan wanita dan juga perawatan yang rutin dilakukannya selama dalam masa kehamilan dan melahirkan, namun akan lebih aman lagi apabila seorang wanita mendapatkan hamil pertamanya di bawah usia 35 tahun. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa usia kehamilan pertama yang aman bagi wanita adalah di bawah 35 tahun:

Peut ibu hamil

Image: mentalfloss.com

1. Tubuh seorang wanita mulai berubah di usia 35 tahun
Pada saat seorang wanita bertambah usianya dan semakin tua, maka tubuhnya akan mengalami cukup banyak perubahan. Pada saat wanita sudah berusia sekitar 35 tahun, maka tubuhnya akan menyesuaikan diri dan akan cenderung tidak sesuai untuk hamil dan juga melahirkan secara normal. Pada saat itu, tubuhnya akan lebih berisiko untuk mengalami kegu-guran ataupun komplikasi lainnya selama masa kehamilan.

Baca Juga :  5 Makanan Wajib Makan Kamu dan Suami, Jika Sedang Berusaha untuk Hamil

2. Kondisi dan penyakit
Ada beberapa jenis kondisi yang akan dialami wanita pada saat usia mereka mulai bertambah seperti diabetes dan juga tekanan darah. Hal tersebut dapat mempengaruhi kehamilan wanita dan menyebabkan berbagai masalah seperti pre-eclampsia ataupun hamil anggur. Wanita yang mendapatkan hamil pertamanya di usia 35 tahunan juga lebih memungkinkan untuk mengalami masalah kehamilan jika dibandingkan dengan seorang wanita yang berusia lebih muda.

3. Lebih berisiko kegu-guran
Karena usianya, wanita yang memilih untuk mempunyai anak di atas usia 35 tahunan akan lebih berisiko untuk mengalami kegu-guran atau bayi yang meninggal ketika dilahirkan. Selain itu, risiko seorang wanita berusia 35 tahunan untuk melahirkan bayi dengan cacat lahir juga jadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan seorang wanita yang berusia lebih muda.

Baca Juga :  POLA MAKAN PENYEBAB BAYI LAHIR PREMATUR

4. Penyakit usia
Semakin bertambah tua seseorang, maka wanita juga semakin rentan untuk terkena penyakit yang erat kaitannya dengan usia. Selain itu, penyakit yang seperti ini biasanya akan membutuhkan obat-obatan dan juga perawatan yang rutin. Ketika hamil, wanita perlu ekstra hati-hati pada saat mengkonsumsi obat dan sebaiknya fokus para ibu tidak terpecah pada penyakit dan juga kehamilan.

5. Berisiko melahirkan caesar
Wanita yang mempunyai bayi pertama kali pada usia 35 tahunan lebih berisiko untuk melahirkan melalui persalinan caesar. Hal tersebut bisa jadi karena terpengaruh oleh kesehatan dari ibu atau komplikasi tertentu yang dikhawatirkan akan terjadi pada saat melahirkan secara normal.

Baca Juga :  6 TIPS AGAR HAID (MENSTURASI) TERATUR

Itulah mengapa usia kehamilan pertama yang aman bagi wanita adalah di bawah 35 tahun. Meski melahirkan pada usia 35 tahunan mempunyai risiko-risiko yang disebutkan di atas, tapi keputusan untuk mempunyai anak di usia berapapun berpulang pada masing-masing calon ibu. Banyak juga wanita yang pertama kali melahirkan pada usia 35 tahunan dan mempunyai bayi yang sehat. Yang paling penting adalah selalu menjaga kondisi kesehatan ibu dan juga janin serta sering memeriksakan kandungan supaya kehamilan tetap lancar juga sehat.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "USIA KEHAMILAN PERTAMA YANG AMAN BAGI WANITA"

Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester