MELAHIRKAN CAESAR DAN RISIKO ALERGI PADA BAYI

Melahirkan Caesar Dan Risiko Alergi Pada Bayi – Banyak alasan bagi banyak ibu hamil untuk memilih persalinan mereka dengan cara caesar. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa persalinan ini justru dapat berisiko dalam mengembangkan alergi pada bayi.Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Christine Cole Johnson di Henry Ford Hospital Amerika Serikat, terbukti bahwa kelahiran caesar bisa meningkatkan peluang bayi akan terkena alergi saat usianya memasuki dua tahun. Risiko timbulnya alergi bahkan lima kali lebih mungkin jika dibandingkan bayi yang lahir secara normal. Penelitian ini jelas membuktikan bahwa melahirkan caesar dan risiko alergi pada bayi berkaitan erat.

Penemuan ini juga memberikan dukungan bagi hipotesis kebersihan yang sering menghubungkan anak alergi pada kebersihan pada awal usia dalam kehidupannya. Tim Johnson sudah melakukan pengamatannya tersebut pada 1.258 bayi dan dia melakukan pengamatannya kembali pada saat bayi berusia 2, 6, dan juga 12 bulan.

Alergi pada bayi

Image: lactosesintolerances.blogspot.com

Dr Christine Cole Johnson menjelaskan, sebagaimana dikutip oleh Dailymail bahwa hipotesis kebersihan pada masa kanak-kanak tersebut cukup dipengaruhi oleh perkembangan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga dapat memunculkan alergi. Ini disebabkan adanya paparan mikro organisme.Para peneliti juga percaya, bahwa bayi bisa terpapar bakteri dengan proses persalinan caesar ini dan cukup dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh si bayi. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menganalisis bayi melalui tali pusatnya, sampel feses dari tiap bayi dan juga sampel darah kedua orangtuanya serta ASI-nya.

Baca Juga :  1001 Manfaat Madu Untuk Wajah,Bibir Kecantikan Yang Luar Biasa

Bukan cuma itu, mereka juga telah mengumpulkan informasi dengan cara menelisik riwayat keluarga si bayi dengan alergi atau asma, apakah mempunyai hewan peliharaan, apakah ada paparan asap temb-akau, apakah ada penyakit pada bayi serta bagaimana penggunaan obat oleh sang ibu selama masa kehamilan.

Hasil penelitian ilmiah yang telah dipublikasikan dalam pertemuan tahunan American Academy of Allergy di daerah Texas menyebutkan bahwa bayi yang berusia dua tahun, lebih mungkin untuk terkena alergi. Pemicu utamanya adalah karena tungau debu di dalam rumah, gudang atau disebabkan oleh bulu hewan seperti anjing dan juga kucing.

Melahirkan caesar dan risiko alergi pada bayi memang berkaitan sangat erat. Berbeda dengan ibu yang melakukan persalinan normal, bayi yang baru lahir perlahan-lahan melalui rahim akan menerima berbagai bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil, serta melindunginya terhadap alergi.

Related Post "MELAHIRKAN CAESAR DAN RISIKO ALERGI PADA BAYI"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup