6 TIPS AMAN PUASA BAGI WANITA HAMIL

6 Tips Aman Puasa Bagi Wanita Hamil – Banyak wanita hamil yang merasa ragu untuk menjalankan ibadah puasanya. Mereka terkadang merasa takut untuk berpuasa, ibu merasa takut jika hal tersebut membahayakan bayi dalam kandungan. Sebenarnya, bolehkah seorang hamil berpuasa dilihat dari agama dan kesehatan?Dalam beberapa kondisi seperti masa kehamilan dan saat menyusui, Islam membolehkan seorang wanita untuk tidak berpuasa dengan beberapa syarat tertentu.

Dalam masa kehamilan, janin tentunya sangat tergantung pada asupan nutrisi yang dikonsumsi ibunya. Biasanya, para dokter akan menyarankan seorang wanita untuk tidak berpuasa dulu pada trimester pertama kehamilan dan juga trimester ketiga. Mereka boleh berpuasa pada saat usia kehamilan memasuki trimester kedua apabila dokter kandungan mereka telah memberikan izin.

Ibu hamil muslimah cantik jilbab

Image: bellyitchblog.com

Ada beberapa dampak yang negatif dan mungkin terjadi apabila Anda berpuasa pada saat kondisi tubuh dan juga janin tidak dalam keadaan yang baik. Puasa juga untuk beberapa kondisi kehamilan tertentu dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Puasa juga dapat mengakibatkan bayi Anda terlahir dengan memiliki cacat pernapasan, berat badan yang rendah dan juga dehidrasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para ibu hamil untuk terlebih dulu berkonsultasi ke dokter sebelum akhirnya memutuskan untuk berpuasa. Apabila dokter sudah memberikan lampu hijau, seorang wanita hamil harus tetap menjalankan puasanya dengan penuh pertimbangan dan tidak boleh sembarangan. 6 tips aman puasa bagi wanita hamil agar sehat yang bisa Anda jalankan diantaranya adalah:

  • Minum banyak air putih sebelum dan sesudah berpuasa. Tepatnya pada saat sahur dan saat berbuka.
  • Sahur dan berbuka dengan konsumsi makanan sehat dari tiap kelompok makanan dengan komposisi sekitar 50 persen karbohidrat, 30 persennya protein dan 10 hingga 20 persen lemak.
  • Konsumsilah susu dan juga suplemen pada saat sahur untuk penambah energi.
  • Apabila Anda merasa lemas selama menjalani ibadah puasa, jangan dilanjutkan. Segeralah berbuka dan membatalkan puasa, tidak usah memaksakan diri.
  • Hindari kegiatan dan aktifitas yang dapat menguras tenaga.
  • Perbanyak konsumsi camilan sehat saat malam hari seperti buah.

Itulah 6 tips aman puasa bagi wanita hamil agar sehat selalu dan janin dalam kandungan juga terjaga kesehatannya. Tentu saja yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca Juga :  10 OBAT BATUK UNTUK IBU HAMIL YANG ALAMI

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "6 TIPS AMAN PUASA BAGI WANITA HAMIL"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal