5 TIPS MENJAGA KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

5 Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama – Kehamilan merupakan kabar gembira untuk setiap pasangan suami istri dalam hidupnya. Tapi, seringkali perubahan pada beberapa anggota tubuh dan emosi yang selalu menyertainya membuat sebagian ibu hamil merasa tertekan. Merasa kelelahan, sulit untuk makan, merasa mual dan muntah, tubuh yang terasa sakit, sensitif terhadap beberapa bau hingga iritasi perut adalah keluhan yang paling umum terjadi saat memasuki awal kehamilan.

Namun, ada beberapa hal yang dapat membuat para calon ibu mampu melewati semua hal tersebut dengan lebih santai dan rileks. Berikut 5 tips menjaga kehamilan trimester pertama agar dapat melewati masa sulit saat awal kehamilan Anda seperti dikutip dari laman Babble.

Baca Juga :  4 MITOS BAHAYA VAKSIN UNTUK IBU HAMIL

1. Jangan terlalu khawatir dengan asupan makanan yang sempurna
Lima porsi sayuran hijau dan 8 porsi protein memang sangat dibutuhkan pada masa awal kehamilan untuk dapat membantu tubuh dalam melewati peningkatan h0rm0n progesteron dengan intensitasnya yang tinggi.Perubahan h0rmon juga dapat membuat sebagian wanita hanya dapat mengkonsumsi makanan tertentu saja, bahkan sebagian ada yang sulit menelan makanan apapun. Anda sebenarnya dapat makan apapun saat ini, usahakan selalu dalam porsi yang kecil, terutama protein, sehingga tubuh Anda mulai dapat makan sayuran dan juga asupan nutrisi penting lainnya.

Seputar ibu hamil

Image: pregnancyandbaby.com

2. Melakukan olahraga ringan
Sebagian besar ibu hamil biasanya kembali berenergi saat memasuki kehamilan semester kedua. Jika tidak dapat berolahraga seperti berenang ataupun treadmill, Anda tidak usah stres. Hal tersebut sangat umum terjadi. Selengkapnya bisa Anda baca dalam tulisan berjudul 6 Olahraga Untuk ibu Hamil.

3. Berbagi tentang apa yang Anda rasakan
Bicarakan saja apa yang Anda rasakan pada orang yang dapat Anda percaya. Ini berguna agar Anda merasa mendapatkan dukungan dan mengetahui apa yang nantinya akan Anda hadapi. Sharing ataupun selalu berbagi informasi bersama dengan ibu hamil lainnya ataupun dengan mereka yang sudah mengalaminya tentu akan sangat membantu.

4. Ketahui kehamilan Anda
Tahu apa yang sedang dialami oleh tubuh selama kehamilan juga akan membantu Anda untuk mencari asupan makan yang sehat dan dapat Anda makan. Sekaligus Anda juga merasa tidak sendiri dan mampu untuk menoleransi berbagai perubahan tubuh dan perasaan ibu hamil yang Anda alami.

5. Pahami bahwa Anda saat ini sedang hamil
Bukan cuma merasakan badan yang menggemuk, Anda juga akan merasakan gangguan pada pencernaan, cepat lesu dan lelah. Bersabarlah dan ingat, bahwa pada waktunya nanti Anda juga akan merasa lebih cantik, rambut yang menebal dan wajah yang bercahaya.

Itulah 5 tips menjaga kehamilan trimester pertama yang bisa Anda coba. Lalui masa transisi ini satu demi satu sampai Anda melahirkan bayi yang lucu. Sebelum berbagai gambaran kebahagiaan tersebut tiba, Anda mungkin akan mengalami masa-masa canggung. Tapi cobalah nikmati semua proses ini.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "5 TIPS MENJAGA KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal