5 MAKANAN BANTU PERAWATAN SETELAH MELAHIRKAN

5 Makanan Bantu Perawatan Setelah Melahirkan – Buah hati yang sehat dan menggemaskan merupakan salah satu anugerah sangat membahagiakan untuk setiap ibu baru. Tapi, setelah melahirkan, akan terjadi banyak perubahan pada tubuh seorang ibu. Antara lain misalnya kelelahan setelah melahirkan atau berat badan kehamilan sehingga seringkali merasa lapar akibat harus menyusui. Mengkonsumsi makanan yang tepat bisa menunjang perawatan setelah persalinan Anda dan membantu Anda sebagai seorang ibu yang baru melahirkan. Ada beberapa macam makanan yang dapat mendorong energi dan juga untuk menjaga kebugaran Anda sebagaimana dikutip laman Fitness. Berikut adalah 5 makanan bantu perawatan setelah melahirkan agar Anda selalu sehat.

1. Sereal yang tinggi serat
Semangkuk sereal pada saat sarapan dapat memuaskan rasa lapar dan juga mampu membantu mencegah sembelit pada ibu setelah persalinan, ini merupakan masalah umum yang seringkali dialami ibu baru, karena hor-mon menyusui bisa memperlambat kinerja usus. Selain makan sereal kaya serat yang dicampur dengan yogurt yang juga kaya akan kandungan kalsium dan probiotik, coba juga mengkonsumsi beras merah yang dapat membantu organ pencernaan. Dianjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi sereal dan serat setiap hari.

Perawatan setelah melahirkan

Image: enroutetolife-taani.blogspot.com

2. Makan telur
Untuk dapat membantu menurunkan berat badan selama kehamilan, mengkonsumsi telur saat sarapan merupakan pilihan terbaik agar Anda mendapat asupan sedikit kalori sepanjang hari. Sebuah studi terbaru dapat menunjukkan sebutir telur mempunyai kandungan 5 hingga 6 gram protein. Itu artinya, Anda tidak usah makan kudapan selama 1 jam. Telur juga merupakan sumber alami kolin, nutrisi yang sangat penting untuk membangun pusat memori pada otak bayi yang di serap bayi lewat ASI. Sebaiknya Anda makan telur setiap hari.

Baca Juga :  1001 Manfaat Absurd Bunga Kenanga Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

3. Makan Steak
Sapi merupakan sumber zat besi dan juga seng, dua mineral yang sangat penting untuk menghasilkan energi sekaligus juga dapat memproduksi ASI. Seiris daging merah ditambah salad hijau mampu memberikan energi tambahan. Meskipun cukup tinggi kandungan lemak dan juga kalori dibandingkan daging putih, daging merah mempunyai seng dan zat besi 2x lipat dibandingkan daging putih, seperti diungkapkan Colleen Pierre, RD, seorang pakar nutrisi dari John Hopkins University. Dianjurkan bagi Anda untuk makan daging sapi sampai tiga kali seminggu.

4. Makan ikan salmon
Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan lemak omega-3 yang sangat baik untuk jantung. Lemak pada salmon juga dapat membantu perkembangan otak bayi dan juga penglihatannya. Sebaiknya Anda pilih ikan salmon liar Alaska, yang memiliki tingkat kandungan merkuri yang rendah. Pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi salmon satu hingga dua kali seminggu.

Baca Juga :  5 PERSIAPAN WAJIB SEBELUM MELAHIRKAN (PERSALINAN)

5. Konsumsi sayur bayam
Sayuran hijau yang satu ini sangat penting untuk ibu menyusui karena dua alasan. Pertama karena asam folat dapat membantu Anda untuk menghasilkan sel darah yang baru, ini sangat penting untuk wanita yang baru saja melakukan persalinan dan mengeluarkan banyak darah saat melahirkan. Kandungan mangan pada bayam juga dapat mempertahankan kualitas tulang Anda, terutama tulang rawan dan juga kolagen yang akan membantu pemulihan pada ibu yang telah menjalani persalinan secara caesar. Colleen Pierre menganjurkan ibu baru untuk mengkonsumsinya sesering mungkin.

Itulah 5 makanan bantu perawatan setelah melahirkan. Pastikan Anda mengkonsumsi nutrisi penting ibu hamil lainnya agar setelah melahirkan, Anda tetap sehat dan dapat merawat bayi dengan baik tanpa hambatan.

Related Post "5 MAKANAN BANTU PERAWATAN SETELAH MELAHIRKAN"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup