POLA MAKAN PENYEBAB BAYI LAHIR PREMATUR

Pola Makan Penyebab Bayi Lahir Prematur – Saat sedang dalam masa kehamilan, wanita tentu harus selalu memperhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan dirinya juga bayi dalam kandungannya. Namun yang harus diperhatikan bukan hanya tentang kebugaran tubuh, namun juga pola makanan dan asupan nutrisi ibu hamil yang dikonsumsi. Pola makan saat seorang wanita sedang hamil memang berpengaruh. Tapi ternyata pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh wanita sebelum hamil juga memiliki pengaruh pada kehamilan para wanita di kemudian hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Adelaide, sebagaimana dilansir oleh Science Daily mengungkapkan bahwa wanita yang mempunyai pola makan buruk ataupun cara diet yang buruk pada saat hamil memiliki kemungkinan untuk melahirkan bayi prematur. Para peneliti di University if Adelaide’s Robinson Research Institute telah melakukan sebuah investigasi terhadap pola diet dan juga pola makan 300 orang wanita di Negara Australia sebelum mereka hamil. Para peneliti ini berhasil membuktikan bahwa wanita yang mempunyai pola makan buruk sebelum mereka mulai hamil mempunyai kemungkinan melahirkan bayi prematur sampai 50 persen. Ini merupakan penelitian pertama yang membuktikan adanya hubungan antara kelahiran bayi dengan pola makan dan juga diet yang dilakukan oleh para wanita sebelum mereka hamil.

Penyebab bayi lahir prematur

Image: www.telegraph.co.uk

Hasilnya terbukti bahwa wanita yang mengkonsumsi cukup banyak protein dan juga buah sebelum hamil memiliki kemungkinan lebih kecil di kemudian hari untuk melahirkan bayinya secara prematur. Sementara itu, para wanita yang seringkali mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang mengandung gula mempunyai kemungkinan 50 persen lebih tinggi untuk melahirkan bayi secara prematur.

Dr Jessica Grieger, yang merupakan ketua penelitian tersebut menyebutkan bahwa kelahiran prematur merupakan salah satu dari beberapa penyebab kematian bayi yang baru lahir. Studi tersebut memberikan informasi yang penting untuk dapat mencegah persalinan prematur.

Jelas bukan, bahwa pola makan penyebab bayi lahir prematur yang cukup besar. Tentunya pola makan yang tidak baik seperti disebutkan di atas. Sangat penting bagi seorang wanita yang siap menjadi seorang ibu untuk mengkonsumsi makanan sehat dan selalu menjaga jenis makanan apa saja yang harus dan tidak boleh dikonsumsi, tidak hanya saat dalam masa kehamilan, tapi juga sebelum memasuki masa kehamilan. Dengan demikian, bukan cuma ibu yang akan tetap bugar dan sehat, tapi juga menurunkan risiko terjadinya komplikasi saat sedang hamil dan melahirkan serta membuat bayi Anda juga menjadi lebih sehat.

Baca Juga :  3 JENIS KEPUTIHAN SAAT HAMIL DAN CARA MENCEGAHNYA

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "POLA MAKAN PENYEBAB BAYI LAHIR PREMATUR"

Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
Hormon kesuburan memiliki peran penting untuk mempercepat
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
15 Tanda Hamil Muda Akibat Sakit Perut
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester 2
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Periode Trimester