MANFAAT MAKAN COKLAT BAGI IBU HAMIL

Manfaat Makan Coklat Bagi Ibu Hamil – pada saat sedang menjalani masa kehamilan, setiap wanita biasanya selalu mempunyai keinginan untuk ngemil karena sering merasa lapar. Makanan yang manis terkadang menjadi salah satu jenis makanan yang selalu ibu hamil idamkan. Namun apakah hal tersebut aman? Apabila memang tidak dapat menahan diri untuk selalu ngemil makanan manis, sebaiknya Anda camilan coklat.

Sebagaimana yang pernah dilansir oleh Boldsky, para pakar kesehatan menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi coklat secara rutin lebih dari tiga porsi dalam seminggu, resiko terjadinya pre-eklamsia pada ibu hamil akan semakin berkurang hingga mencapai 50 persen atau lebih. Preeklamsia adalah tekanan darah tinggi yang di alami ibu hamil dan juga kelebihan kadar protein di dalam urine.

Makan coklat

Image: www.dailyrecord.co.uk

Menurut hasil sebuah penelitian ilmiah, mengkonsumsi coklat secara rutin selama trimester pertama kehamilan atau trimester ketiga juga memiliki daya pelindung yang relatif sama. Namun, tidak semua jenis coklat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca Juga :  GERAKAN SENAM HAMIL 9 BULAN AGAR PERSALINAN LANCAR

Sebaiknya, Anda memilih dark chocolate yang mempunyai kandungan kalori cukup rendah. Dark chocolate juga dikenal cukup kaya akan kandungan theobromine, ini merupakan suatu senyawa yang dapat menstimulasi jantung Anda. Theobromine juga mampu membantu mengendurkan bagian otot-otot serta mampu melebarkan pembuluh darah.

Bukan cuma itu saja, berikut ini adalah manfaat makan coklat bagi ibu hamil:

1. Membuat bayi bahagia
Menurut sebuah penelitian, wanita yang rutin mengkonsumsi coklat selama masa kehamilan, akan melahirkan sosok bayi yang bahagia. Hal tersebut dipicu karena coklat memiliki kandungan kimia feniletilalamin di dalamnya, ini ditularkan oleh ibu kepada si bayi.

2. Menambah zat besi
Mengkonsumsi 30 gram cokelat tiap hari membuat wanita hamil mendapatkan asupan zat besi tambahan. Zat besi merupakan salah satu dari 8 nutrisi penting bagi ibu hamil.

Baca Juga :  4 MANFAAT MADU UNTUK IBU HAMIL YANG BERKHASIAT

3. Mencegah tekanan darah tinggi
Kandungan penting lainnya pada coklat ialah magnesium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah serta membantu untuk mencegah hipertensi. Coklat murni diyakini mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL hingga 10 persen.

Setelah mengetahui manfaat makan coklat bagi ibu hamil ini, Anda tidak perlu takut lagi untuk ngemil. Tapi ingat ya Bunda, dark chocolate.

Tags: Bayi Dalam Kandungan Nutrisi Ibu Hamil

Related Post "MANFAAT MAKAN COKLAT BAGI IBU HAMIL"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal