KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA, KONSUMSI 8 MAKANAN INI

Kehamilan Trimester Pertama, Konsumsi 8 Makanan Ini – Saat memasuki masa kehamilan trimester pertama, setiap ibu bercampur antara bahagia dan khawatir. Bahagia karena akan segera mempunyai momongan, khawatir karena periode ini merupakan masa kehamilan yang cukup rentan. Kondisi kandungan masih lemah, sehingga perlu dijaga dengan baik dan hati-hati.

Bukan hanya harus menjaga diri dari berbagai aktifitas yang berlebihan dan berat. Anda harus sangat berhati-hati mengenai kebutuhan gizi pada saat bulan-bulan awal masa kehamilan Anda. Anda lebih baik membuat sebuah ketentuan khusus tentang menu makanan apa saja yang akan dikonsumsi pada saat menjalani trimester pertama kehamilan ini. Nah, apabila Anda sedang dalam masa kehamilan trimester pertama, konsumsi 8 makanan ini untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan:

1. Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan kalsium dan zat besi dan dapat membantu agar memberikan tubuh ibu hamil sebuah dorongan untuk dapat memproduksi lebih banyak darah, dengan demikian volume darah dalam tubuh yang mengalir ke dalam rahim bisa ditingkatkan.

Seputar kehamilan

Image: www.feminiya.com

2. Kacang almond
Kacang almond merupakan camilan yang kaya akan kandungan vitamin E, kandungan asam lemak omega3 dan juga protein. Kandungan nutrisi ini mampu membantu ibu hamil untuk mendapatkan dosis tambahan protein pada saat masa kehamilan trimester pertama.

3. Asparagus
Tahukah Anda bahwa tubuh ini tidak bisa memproses kalsium tanpa danya Vitamin D? Asparagus mempunyai kandungan vitamin D yang cukup dan bau aromatik yang bisa mengobati masalah morning sickness.

Baca Juga :  WANITA HAMIL JANGAN BERDIRI TERLALU LAMA

4. Jeruk
Sebagaimana kita ketahui bahwa buah jeruk mempunyai banyak kandungan vitamin C yang bisa membangun sistem kekebalan tubuh ibu hamil untuk melawan infeksi. Sedangkan kandungan asam folatnya bekerja untuk mencegah bayi lahir cacat.

5. Brokoli
Brokoli merupakan makanan super yang mempunyai beberapa khasiat bagi tubuh. Pada saat memasuki trimester pertama masa kehamilan, brokoli bermanfaat sebagai sumber makanan yang sangat kaya zat besi untuk membantu membentuk sel-sel darah.

6. Telur
Telur mempunyai kandungan protein, vitamin D dan juga mengandung kalsium, sehingga telur menjadi makanan yang sangat lengkap untuk ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di rebus, di goreng atau di buat orak-arik, semua itu tergantung dengan selera Anda.

Baca Juga :  KEHAMILAN KOSONG, TANDA-TANDA DAN PENYEBAB

7. Ikan Salmon
Wanita hamil memang dilarang untuk mengkonsumsi makanan laut. Misalnya seperti udang dan kepiting sebab bisa menyebabkan alergi. Namun, ikan salmon mempunyai kandungan kalsium, asam lemak omega 3 serta vitamin D yang cukup tinggi. Sehingga ikan yang satu ini merupakan makanan yang aman bagi ibu hamil pada saat memasuki trimester pertama kehamilan mereka.

8. Yogurt
Yogurt merupakan produk susu yang cukup kaya akan kandungan kalsium. Yogurt lebih mudah untuk dicerna dan juga dapat membantu untuk menenangkan perut Anda.

Nah, jika Anda sedang dalam masa kehamilan trimester pertama, konsumsi 8 makanan ini agar Anda selalu sehat serta bayi dalam kandungan juga mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Tags: Nutrisi Ibu Hamil