6 OLAHRAGA UNTUK IBU HAMIL YANG AMAN

6 Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman – Saat sedang hamil, wanita tentu saja akan sangat berhati-hati dalam menentukan berbagai kegiatan dan juga aktivitas yang sering dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, cukup banyak wanita yang berhenti untuk berolahraga karena merasa khawatir hal tersebut dapat membahayakan kandungannya. Di sisi lain, para ibu hamil juga semakin sering beristirahat dan tidur serta makan lebih banyak.

Kebiasaan seperti ini justru akan membuat ibu hamil semakin berisiko tinggi terkena banyak penyakit yang sering dialami ibu hamil, misalnya seperti diabetes gestational. Oleh sebab itu, ibu hamil juga sebaiknya selalu menyisihkan waktu untuk selalu berolahraga agar tubuhnya tetap bugar. Olahraga akan mampu memberikan energi dan dapat membuat ibu hamil akan semakin kuat ketika menjalani proses persalinan.

Berikut ini adalah 6 olahraga untuk ibu hamil yang aman dan dapat dilakukan wanita saat dalam masa kehamilan sebagaimana yang pernah di muat dalam laman Mag for Women.

1. Berenang
Berenang merupakan salah satu olahraga terbaik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Berenang juga mampu mengurangi tekanan pada bagian punggung dan juga kaki ibu hamil yang mudah terasa lelah. Selain itu, olahraga berenang juga sangat bermanfaat untuk seluruh bagian tubuh tanpa membuat seorang ibu hamil merasa capek. Apabila mulai terasa lelah, jangan menggunakan kaki dan Anda mengambang saja di atas air. Berenang adalah salah satu olahraga yang paling aman pada saat hamil.

Olahraga untuk ibu hamil

Image: sport.news.am

2. Berjalan
Saat sedang hamil sebaiknya ibu sering berjalan-jalan. Tapi perhatikan juga kecepatan Anda pada saat berjalan. Janganlah berjalan dengan terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Tujuan berjalan saat hamil seperti ini adalah untuk berolahraga dan bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan. Anda juga bisa jalan-jalan dengan ditemani hewan peliharaan ataupun sendirian di kawasan yang berudara segar seperti taman. Berjalan-jalan juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan mampu menghilangkan stres.

Baca Juga :  6 TIPS MENGATASI KAKI BENGKAK SAAT HAMIL

3. Tenis
Tenis merupakan salah satu jenis olahraga paling baik yang dapat Anda lakukan pada saat hamil. Tapi Anda jangan bermain tenis dengan terlalu menggebu-gebu, karena hal tersebut cukup berisiko membahayakan kehamilan Anda, apalagi jika bola yang datang tampak terlalu cepat. Anda dapat cepat merasa lelah atau salah urat dikarenakan gerakan yang terlalu cepat ataupun karena pu-kulan yang terlampau keras. Lakukan olahraga tenis ini dengan santai dan dengan pelan-pelan saja serta yang penting hindarkan juga perut Anda dari bola.

4. Yoga
Memang tidak semua gerakan yoga itu aman dilakukan pada saat hamil. Tapi Anda dapat mencoba melakukan gerakan yoga yang khusus untuk ibu hamil ataupun sebelum melahirkan. Selalu ikuti dengan baik arahan dari instruktur yoga dan jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukannya. Jangan sampai posisi yang Anda lakukan saat yoga ternyata salah dan tidak nyaman untuk janin. Anda juga bisa membaca tulisan tentang Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil untuk melengkapi tulisan ini.

Baca Juga :  BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM KOPI & APA EFEKNYA?

5. Olahraga statis
Bersepeda di luar ruangan bisa menjadi tidak aman dan tidak nyaman, Anda dapat melakukan olahraga dengan memakai sepeda statis di rumah sendiri. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu keras atau terlalu cepat.

6. Jogging
Anda dapat melakukan jogging ketika hamil. Tapi jangan pernah melakukan jogging di jalanan juga track yang terlalu terjal atau tidak rata. Jangan pernah berlari terlalu cepat, lakukanlah jogging dengan hati-hati, santai dan juga perlahan. Jangan sampai bayi dalam kandungan Anda merasakan terlalu banyak guncangan ketika Anda sedang berlari.

Itulah 6 olahraga untuk ibu hamil yang aman dan bisa dicoba saat sedang hamil. Jangan pernah lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang olahraga yang cocok untuk Anda dan baik untuk dilakukan, karena setiap ibu hamil mempunyai perbedaan kondisi saat masa kehamilannya dan juga berbeda kondisi kesehatan mereka. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda meminta rekomendasi dokter tentang olahraga apa yang boleh Anda lakukan dan olahraga yang dilarang.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "6 OLAHRAGA UNTUK IBU HAMIL YANG AMAN"

12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam
12 Larangan Ibu Hamil Menurut Islam. Menjalani
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin tidak Berkembang
Ciri – ciri Kehamilan di Mana Janin
Hal-hal yang Dialami Bunda pada Kala Awal Kehamilan
Image: stardustatkeson.com Hal-hal