11 TANDA ATAU CIRI KEHAMILAN ANAK KEMBAR

11 Tanda Atau Ciri Kehamilan Anak Kembar – Hamil dan mengandung anak kembar memang tidak dapat terdeteksi dengan kasat mata. Karena gejala kehamilan bayi kembar memang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan gejala kehamilan yang normal. Untuk tahap kehamilannya, gejala kehamilan kembar ini cenderung lebih ditekankan sebelum memasuki usia kehamilan normal.

Akan tetapi meskipun demikian, ada beberapa gejala yang memperlihatkan apabila kehamilan Anda berpotensi mengandung anak kembar. Selain lewat proses USG, kehamilan bayi kembar juga dapat terdeteksi melalui beberapa gejala. Berikut 11 tanda atau ciri kehamilan anak kembar sebagaimana dilansir Huggies dan beberapa sumber lainnya:

1. Riwayat anak kembar dalami keluarga
Potensi kehamilan kembar bisa didapatkan pada saat pasangan ataupun yang bersangkutan mempunyai riwayat kembar. Meskipun sering tidak terdapat bukti yang mendukung klaim ini, tapi potensinya bisa jauh lebih besar ketika mempunyai riwayat kembar.

Hamil anak kembar

Image: www.sophisticatededge.com

2. Merasa mual sekali dari awal kehamilan
Rasa mual atau morning sickness ini terkadang sangat eks-trem sehingga ibu hamil merasa sulit untuk mentolerir apa pun.

3. Intoleransi pada makanan tertentu
Intoleransi yang cukup eks-trem untuk makanan, bau serta tekstur dan juga penampilan beberapa makanan tertentu. Umumnya seperti masakan daging, makanan laut, kopi dan juga teh yang merupakan zat yang dianggap cukup menjijikan.

4. Perut bumil lebih besar
Perut seorang ibu hamil tampak lebih besar karena mencerminkan fakta bahwa ada 2 embrio di dalam kandungannya.

5. Merasa sangat lelah dan cukup sering buang air kecil
Rasa lelah dan sering buang air kencing memang sering juga tejadi pada kehamilan normal. Namun beberapa ibu yang mengandung anak kembar merasakan kelelahan dan buang air kecil yang lebih sering dibandingkan dengan yang hamil biasa.

6. Merasakan gerakan bayi lebih dini
Seorang ibu yang hamil bayi kembar pada umumnya bisa merasakan gerakan bayinya lebih dini pada masa awal kehamilan.

7. Intuisi tentang bayi kembar
Intuisi seorang wanita seringkali begitu sangat kuat. Anda tiba-tiba merasakan begitu saja bahwa Anda mungkin sedang membawa dua janin di dalam tubuh Anda. Beberapa orang ibu dari bayi kembar (dua ataupun lebih) menyebutkan bahwa mereka sudah tahu sejak awal bahwa mereka sedang menantikan kelahiran dua orang bayi.

8. Berat badan bertambah dengan cepat
Pertambahan berat badan ibu hamil biasanya meningkat dengan cepat pada trimester pertama, dan hal ini dapat menjadi petunjuk awal bahwa Anda sedang hamil bayi kembar. Namun bila Anda selama ini menerapkan pola makan dengan cukup baik, Anda tidak usah khawatir. Sebuah studi yang pernah diterbitkan di dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan penambahan berat badan ini sangat penting pada masa awal kehamilan anak kembar, karena penambahan berat badan di dua trimester pertama kehamilan terbukti mempunyai pengaruh yang lebih besar bagi berat bayi saat lahir.

9. AFP Anda meningkat
Anda akan mendapatkan informasi dari dokter atau bidan bahwa kadar AFP (alpha fetoprotein) Anda meningkat. Kadar AFP merupakan protein yang dilepaskan oleh bayi pada saat dia tumbuh dan ditemukan di dalam darah ibu, ini dapat meningkat pada saat ada lebih dari satu bayi. Normalnya tes darah bagi ibu hamil secara sederhana akan diberikan pada 16 hingga 18 minggu sejak menstruasi ibu hamil yang terakhir. Pemeriksaan alpha fetoprotein dapat mendeteksi lebih dari separuh kehamilan anak kembar.

10. Dokter Anda bisa mendengarkan dua detak jantung
Dua detak jantung bayi yang terpisah bisa dibuktikan hingga usia kehamilan berusia 12 minggu. Pada usia kehamilan sekitar usia 28 minggu, sangat memungkinkan untuk dapat membedakan dua kepala janin dan juga beberapa bagian kecil pada saat melakukan pemeriksaan USG.

11. Hasil pemeriksaan USG Anda positif
Apabila Anda percaya bahwa saat ini Anda memang sedang mengandung bayi kembar, USG bisa dilakukan sejak awal masa kehamilan. Dengan pemeriksaan dokter yang ahli dalam USG, dua embrio dan juga dua detak jantung dari janin yang kuat bahkan bisa dilihat sejak 6 minggu dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Banyak juga janin kembar yang sudah bisa didiagnosa sejak usianya 5 minggu, pada saat Anda baru terlambat dari mensturasi satu minggu saja.

Itulah 11 tanda atau ciri kehamilan anak kembar. Berapapun bayi yang Anda kandung, semoga diberi kelancaran pada saat persalinan dan bayi Anda lahir dengan sehat dan selamat.

Tags: Tips Ibu Hamil

Related Post "11 TANDA ATAU CIRI KEHAMILAN ANAK KEMBAR"

1001 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Ibu Menyusui
manfaat buah durian, ada bagusnya terlebih dahulu
Pengertian Serangan Jantung Atau Infark Miokardial Adalah
Serangan jantung & infark miokardial yaitu terhentinya
1001 Manfaat Buah Pir Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah pir mempunyai kandungan serat yang cukup