8 NUTRISI KEHAMILAN YANG PENTING BAGI JANIN

8 Nutrisi Kehamilan Yang Penting Bagi JaninKehamilan pasti mempunyai dampak pada kesehatan fisik dan juga mental seorang calon ibu. Untuk itu, dibutuhkan asupan gizi makanan yang memadai, baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga juga untuk memelihara tumbuh kembang si janin atau bayi dalam kandungan. Berikut 8 nutrisi kehamilan yang penting bagi janin.

1. Sayuran Hijau

Sayuran yang berdaun hijau tua seperti daun bayam dan kangkung merupakan sumber zat besi, folat,serat dan juga vitamin C. Kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi kurang zat besi. Asupan sayuran seperti bayam dapat membantu ibu untuk mengatasi kekurangan zat besi. Selain itu, serat dapat membantu ibu hamil untuk mencegah sembelit dan kandungan vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi bagi ibu hamil. Sedangkan folat sangat diperlukan untuk tumbuh kembang si bayi di dalam kandungan.
Nutrisi ibu hamil

2. Nasi Merah

Nasi merah cukup kaya akan serat, zat besi dan juga vitamin B. Selain itu itu nasi merah juga cukup  rendah akan indeks glikemik dan mampu membantu ibu hamil agar dapat merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan juga produksi sel-sel darah merah. Pada saat hamil, volume darah biasanya akan meningkat sedikitnya 40 persen.

3. Stroberi

Buah beri yang satu ini seringkali disebut sebagai makanan super karena mempunyai kandungan anti oksidan, serat, folat dan juga vitamin C. Anti oksidan yang selalu dikonsumsi sebelum dan juga selama kehamilan sangat bermanfaat untuk membantu melindungi bayi dari resiko penyakit diabetes tipe 2 ataupun obesitas.

Ada juga hubungan antara antioksidan dengan penurunan risiko preeklamsia, hipertensi atau  tekanan darah tinggi cukup serius yang terjadi ketika hamil. Memang masih dibutuhkan cukup banyak studi untuk dapat mendukung penelitian ini. Namun tidak ada salahnya bagi para ibu hamil untuk makan buah strawberi yang enak dan segar ini untuk menjaga kesehatan kandungan.

4. Minyak Ikan

Penting bagi para ibu untuk selalu mendapat asupan dua porsi ikan yang cukup kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak seperti ini dibutuhkan untuk perkembangan mata dan juga sistem saraf si bayi. Sumber asam lemak omega tiga ini terdapat pada ikan salmon. Jika harganya cukup mahal, Anda bisa memilih ikan kembung sebagai alternatif. Akan tetapi British Nutrition Foundation mengingatkan para ibu hamil untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi ikan karena dikhawatirkan mempunyai kandungan polutan yang akan berbahaya bagi bayi.

5. Pisang

Pisang juga memiliki kandungan serat dan juga gula yang dirilis secara perlahan sehingga akan membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Seratnya sangat baik untuk mencegah sembelit. Jadi, sebaiknya jangan melewatkan pisang sebagai camilan sehat untuk ibu hamil.

6. Daging Merah

Daging merah tanpa lemak adalah salah satu sumber zat besi yang dibutuhkan pada saat kehamilan supaya ibu tidak terkena anemia. Daging merah juga merupakan salah satu sumber protein. Sebaiknya hindari mengkonsumsi hati ketika hamil karena memiliki kandungan retinol yang cukup tinggi. Retinol merupakan bentuk vitamin A yang dinilai berbahaya untuk calon bayi.

7. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang mempunyai kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan buah jeruk sekalipun. Buah kiwi juga cukup kaya akan antioksidan serta kandungan folat. Keduanya sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi. 
Nutrisi ibu hamil 2

8. Ubi

Umbi yang satu ini memang enak disantap meskipun hanya dengan dibakar ataupun di rebus. Ubi cukup kaya akan anti oksidan, vitamin B, vitamin C dan serat. Selain itu, ubi juga merupakan sumber karbohidrat yang sangat sehat sehingga ibu akan merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat pada ubi juga diperlukan untuk dapat mencegah sembelit.

Itulah 8 nutrisi kehamilan yang penting bagi janin. Selain penting bagi kesehatan ibu hamil, kedelapan nutrisi tersebut juga membuat bayi menjadi sehat.

Tags: Nutrisi Ibu Hamil