Penyebab Wanita Susah Hamil

Penyebab Wanita Susah HamilPenyebab Wanita Susah Hamil, Impian untuk semua wanita bisa segera dapat momongan setelah menikah. Tapi terkadang kenyataan tak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sebagian wanita bisa langsung cepat hamil, sementara yang lain butuh waktu lama untuk bisa hamil.

Kira-kira apa yang menyebabkan seorang wanita susah hamil? Faktor penyebabnya bisa beragam. Secara umum :

Penyebab Wanita Susah Hamil

Kondisi Serviks atau Leher Rahim
Serviks atau leher rahim ini berfungsi sebagai penghubung antara rahim dan vagina. Setelah berhubungan intim, untuk mencapai rahim, sperma harus melewati serviks. Jadi kalau ada masalah pada serviks atau leher rahim, maka proses pembuahan akan terhambat.

Kadar ph Tak Seimbang
Proses pembuahan sel telur memerlukan kondisi ph yang seimbang. Kalau ph di area Miss V tak seimbang, maka proses pembuahan pun bisa mengalami sedikit hambatan.

Mengalami PCOS
Apa itu PCOS? Sindrom Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan pada keseimbangan kadar hormon. Pada sindrom ini, tubuh wanita memroduksi hormon laki-laki secara berlebihan. Pastinya sangat berpengaruh pada proses ovulasi.

Faktor Usia
Usia juga bisa sangat mempengaruhi proses hamil. Saat mencapai usia 35 tahun ke atas, seorang wanita akan lebih susah hamil. Hal ini bisa di karenakan kualitas telur yang menurun dan berkurangnya kemampuan rahim untuk melepas telur.

Pola Hidup Tak Sehat
Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa membuat seorang wanita susah hamil. Selain itu, obesitas, siklus haid yang tak teratur, dan kista juga bisa menyebabkan wanita susah hamil. Wanita dengan kadar lemak tubuh yang rendah juga bisa susah hamil.

Selain kondisi tubuh wanita itu sendiri, penyebabnya juga bisa dicari dari pihak pria. Seperti kualitas sperma dan masalah hormon.

Untuk mencari penyebab pastinya, perlu segera berkonsultasi langsung ke dokter spesialis. Semakin cepat diketahui penyebabnya, semakin mudah untuk secepatnya di tangani.

Info Bumil Lainnya

Tags: Wanita susah hamil