Cara Cek Kehamilan Tanpa Menggunakan Testpack

Cara Cek Kehamilan Tanpa Menggunakan TestpackTelat haid, badan sering pegal linu, perut terasa penuh angin, sering mual, dan emosi yang naik turun? Gejala-gejala tersebut biasanya merujuk pada kondisi seorang wanita yang sedang hamil. Kalau sudah mengalami gejala tersebut, biasanya kita perlu menggunakan testpack untuk mengeceknya.

Testpack biasanya digunakan untuk mengecek ada tidaknya hormon hcg gonadotropin. Hormon hcg gonadotropin yaitu hormon glikoprotein dari keluarga gonadotropin yang awalnya disintesis oleh embrio manusia dan kemudian dilanjutkan oleh syncytiotrophoblast bagian dari plasenta. Ada sejumlah tes yang bisa dicoba di rumah untuk mencari tahu hamil atau tidak. Kalau sedang ingin mengetes kehamilan tapi belum ada testpack. Bisa anda lakukan dengan menggunakan cara-cara berikut :

Cara Cek Kehamilan Tanpa Menggunakan Testpack

Menggunakan Gula
Cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan. Cukup sediakan wadah khusus untuk menampung urin. Setelah urin tertampung, masukkan 2-3 sdm gula ke dalamnya. Kalau reaksinya muncul gumpalan dan gula tidak larut, kemungkinan kamu hamil. Akan tapi jika reaksi yang muncul gula larut seperti biasa atau tidak ada perubahan, bisa jadi kamu belum hamil.

Menggunakan Air Sabun
Larutkan sabun dalam air, aduk hingga berbusa. Siapkan urin yang akan diuji di suatu wadah, lalu tambahkan busa air sabun. Kalau reaksinya muncul lebih banyak busa atau buih, ada kemungkinan kamu hamil.

Biarkan Urin 3-4 Jam
Mengumpulkan urin dalam sebuah botol. Lalu diamkan 3-4 jam, Jika nanti muncul banyak busa putih di permukaan urin, ada kemungkinan kamu positif hamil.

Cara Cek Kehamilan Tanpa Menggunakan Testpack

Menggunakan sodium bicarbonate
Siapkan 2 sdm sodium bicarbonate lalu letakkan di wadah seperti mangkuk. Kemudian tambahkan beberapa tetes urin. Kalau sodium bicarbonate bereaksi dengan urin, kemungkinannya kamu positif hamil.

Menggunakan Cuka
Ada cuka dapur di rumah? Bisa juga dimanfaatkan. Siapkan cuka dalam wadah mangkuk, lalu tambahkan urin. Awalnya mungkin akan muncul gelembung tapi bukan itu tandanya, tunggu lebih lama lagi. Kalau larutan cuka dan urin tampak memudar, ada kemungkinan positif hamil. Tapi kalau tidak ada perubahan warna, berarti belum hamil.

Menggunakan Pemutih Pakaian
Simpel dan terbilang cukup akurat juga. Caranya tinggal kumpulkan urin di sebuah wadah, kemudian tambahkan pemutih pakaian. Apabila muncul gelembung dan berbusa, maka kemungkinan bisa dikatakan positif hamil.

Ada baiknya melakukan tes tersebut di pagi hari. Kenapa? Karena kandungan human chorionic gonadotropin umumnya lebih tinggi dalam urin yang dikeluarkan di pagi hari. Sehingga cara mendeteksi dan mengetes kehamilannya bisa lebih mudah.

Cara-cara di atas hanya sebatas referensi, ya ladies. Keakuratannya mungkin bisa berbeda pada setiap wanita. Biar nggak makin bingung, segera konsultasi ke dokter kandungan untuk mendapat jawaban yang paling tepat.

Info Bumil Lainnya

Tags: Cek kehamilan