4 Hal Tentang Pil KB, Mitos ataukah Fakta?

4 Hal Tentang Pil KB, Mitos ataukah Fakta?4 Hal Tentang Pil KB, Mitos ataukah Fakta? Sebagai wanita tentu kita harus mengetahui segala informasi tentang kesehatan reproduksi. Tak jarang kita pun ragu akan informasi yang didapatkan, hingga timbul pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pil KB ini mitos ataukah fakta.

Untuk itu, kita harus lebih teliti lagi dalam menyerap informasi yang didapat. Agar informasi tersebut lebih bermanfaat dan tidak merugikan diri kita sendiri. Nah, Prof.Dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, memberika sebagai berikut  :

4 Hal Tentang Pil KB, Mitos ataukah Fakta?

1. Pil KB atau kontrasepsi bikin gemuk?

Mitos.

“orang jadi gemuk karena makan bukan pil kb. Pil kb sendiri didesain agar orang tidak gemuk,” ujar dr Biran.

2. Pil KB bisa lancarkan haid?

Fakta.

Mother yang menggunakan atau mengkonsumsi pil kb haid akan lebih teratur dan lebih sendikit dari biasanya.

3. Pil KB bikin subur?

Mitos.

Pada dasarnya, pil kb bekerja menggunakan hormon progestin atau tanpa hormon estrogen. Untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur oleh ovarium). Tanpa terjadinya ovulasi, maka tidak bisa terjadi pembuahan oleh sel sperma. Akibatnya kehamilan dapat dicegah atau ditunda. Dengan demikian, bila bertujuan agar cepat hamil, maka pil kb bukanlah pilihan yang tepat.

4. Tak bisa hamil saat menyusui?

Mitos.

Mereka yang berikan full asi atau Eksklusif memang tak bisa hamil. Asal full, bayinya hanya dapatkan makanan dari asi. Menyedot puting susu kiri kanan selama 1 jam dr 24 jam. akan keluarkan hormon prolaktin cegah kesuburan.

Memang, wanita yang sedang menyusui tidak sesubur wanita dalam keadaan biasa. Akan tetapi bukan berarti kemungkinan untuk hamil tidak ada. Sebab tidak akan pernah tahu kapan tubuh mulai melepas sel telur dan mengalami masa ovulasi pada saat menyusui. Sehingga mother akan tetap bisa hamil walaupun sedang menyusui.

Jadi, bagaimana mother? Tidak bingung lagi kan membedakan antara mitos atau fakta tentang pil KB? Semoga artikel ini bermanfaat.

Info Bumil Lainnya

Tags: Mitos atau Fakta Pil KB