Jenis Penyakit yang Harus di Waspadai Ibu Hamil

Penyakit yang Harus di Waspadai Ibu Hamil

Jenis Penyakit yang Harus di Waspadai Ibu Hamil, Memiliki seorang bayi adalah saat yang paling membahagiakan ya, Mom. Tapi, momen indah itu bisa berubah menjadi mimpi buruk akibat terjadinya komplikasi kehamilan atau persalinan.

Penyakit yang Harus di Waspadai Ibu Hamil

  • Eklampsia,
  • Placenta Previa
  • Peripartum Cardiomyopathy (ppcm)

Seorang Ibu pasti sudah sangat mengenal yang namanya Eklampisa, Placenta Previa. Tapi, pernahkah seorang ibu mendengar Peripartum Cardiomyopathy (ppcm)? Penyakit ini adalah penyakit misterius yang terjadi pada ibu hamil dan melahirkan, dikarenakan munculnya dengan tiba-tiba tanpa disadari dan hingga saat ini penyebabnya belum juga diketahui.

Muncul penyakit Peripartum Cardiomyopathy atau (PPCM) di usia kehamilan menginjak trimester ke-3 sampai 5 bulan pasca melahirkan.

Penyakit PPCM adalah gangguan pada otot jantung sehingga kekuatannya untuk memompa darah berkurang.

Untuk memastikannya, ada baiknya mama segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung jika merasakan gejala-gejala tersebut. Dokter Kwa melakukan pemeriksaaan X-ray (jika memungkinkan) dan USG jantung atau echocardiography untuk mengukur ejection fraction (EF),yaitu persentase darah yang dipompa ke luar oleh jantung dalam setiap denyut.

Pada jantung yang traditional, besarnya EF adalah 52%-77%, sedangkan pada penderita ppcmEF-nya turun di bawah 400th. Dari pemeriksaan X-ray akan terlihat jantung sebelah kiri mengalami pembengkakan dan paru-paru terisi cairan.

Karena menyerang jantung, penyakit ini bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani dengan tepat. Tapi, jangan panik, penyakit ini bisa disembuhkan. Kuncinya, mama harus menjalani terapi sesuai anjuran dokter, minum obat secara teratur, membatasi asupan cairan, kontrol secara rutin, dan istirahat yang cukup. Tapi, mama harus bersabar karena dibutuhkan waktu 6 bulan hingga 1 tahun sampai fungsi pompa jantung kembali pulih. Jika setelah 6 bulan EF kembali normal, pasien dinyatakan sembuh. Namun, jika EF tetap berada di bawah 400th, artinya terjadi gagal jantung permanen.

Ibu hamil yang pernah menderita ppcm boleh hamil lagi jika setelah pengobatan fungsi jantungnya kembali normal, namun harus dipantau ketat oleh dokter jantung. Sedangkan jika jantung tidak kembali normal, mother dilarang hamil lagi karena ppcm bisa kembali terulang.

Demikianlah informasi seputar penyakit ppcm yang perlu mother waspadai agar kehamilan dan persalinannya berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat, ya.

Info Bumil Lainnya

Tags: ibu hamil Jenis Penyakit yang Menyerang Ibu Hamil penyakit misterius Penyakit Peripartum Cardiomyopathy penyakit PPCM Penyakit yang Harus di Waspadai Ibu Hamil