Tips Tetap Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Tips Tetap Berpuasa Untuk Ibu Hamil –  Menurut pakar kesehatan, Ibu hamil boleh saja berpuasa, asalkan seluruh kecukupan gizi untuk ibu dan janin dapat terpenuhi. Selain itu, untuk berpuasa  kondisi ibu juga harus dipastikan dalam keadaan sehat.

Menurut pernyataan dr.Taufik Jamaan, Sp.OG dari RS Bunda Medik Menteng Jakarta, berpuasa memiliki unsur spiritual yang baik,  sehingga bisa memberi ketenangan pada ibu hamil dan janin dalam perutnya. Namun, sebenarnya secara prinsip dalam agama Islam sendiri sudah memberi keringanan pada ibu hamil dan menyusui untuk diperbolehkan tidak berpuasa di bulan Ramadhan.

Puasa boleh saja kalau kuat. Tetapi kalau masih di trimester awal dan mengalami mual muntah, sebaiknya tidak berpuasa,” kata dr.Taufik.

Tips Tetap Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Tips Tetap Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Beberapa Kondisi kehamilan yang tidak disarankan untuk berpuasa antara lain jika mengalami kehamilan anak kembar, menderita diabetes, serta ibu hamil menderita anemia.

Pada kehamilan trimester dua, biasanya morning sickness sudah berlalu dan kondisi tubuh ibu dalam kondisi yang dapat dikatakan baik. Bila memang merasa siap, boleh untuk ibu hamil berpuasa di usia kehamilan ini.

Selama berpuasa, harus dipastikan kecukupan gizi bisa terpenuhi. Menurut dr.Diana F.Suganda, Sp.GK, karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama 12-14 jam, hal itu bisa menggangu asupan nutrisi ke janin.

Yang biasanya makan 3 kali dan 2 kali snack, sekarang jadi hanya makan saat sahur dan berbuka saja. Asupan total perhari bisa berkurang,” kata dr.Diana.

Selama masa kehamilan, kebutuhan kalori pada ibu hamil perlu ditambah sekitar 300 kalori dari kebutuhan normal yang sekitar 1.800-1.900 kalori.

Untuk menyiasati agar kebutuhan terpenuhi, perlu menambahkan ekstra makanan atau snack di antara waktu berbuka dan sahur. Tambahkan porsi protein nabati dan hewani lebih banyak saat makan,” kata dokter dari RS Pondok Indah Bintaro ini.

Selain itu, bisa diperbanyak juga asupan lemak tidak jenuh. Menurut Diana, lemak memang diperlukan untuk pembentukan hormon dan pelindung sel-sel. “Lemak jenuh yang perlu dihindari antara lain gorengan, jeroan, atau santan,” ujarnya.

Kebutuhan air juga wajib diperhatikan. Minumlah air putih saat bangun tidur, saat makan sahur, mendekati imsak, dan juga sepanjang waktu antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Untuk memenuhi nutrisi, boleh juga ditambahkan konsumsi susu.

Info Bumil Lainnya

Tags: Berpuasa saat hamil ibu hamil Puasa tips puasa ibu hamil