MANFAAT VITAMIN A BAGI KEHAMILAN 21 MINGGU

Bunda, memasuki kehamilan 21 minggu ini Anda mungkin saja sudah tidak sabar lagi untuk segera mendengar tangisan bayi yang saat ini masih berada di dalam kandungan bukan? Sabar, masih tersisa sekitar 19 minggu lagi untuk dapat mengalami masa-masa seperti itu Bun.

Nah, sambil Anda menunggu kelahiran si kecil, ada baiknya apabila Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan mengonsumsi gizi dan juga nutrisi yang cukup agar buah hati Anda kelak dapat lahir ke dunia ini dengan sehat dan sempurna.

Seperti itu bukan yang semua Bunda harapkan di dunia ini?

kehamilan 21 minggu

Image: momjunction.com

Salah satu nutrisi yang cukup penting selama menjalani kehamilan 21 minggu ini adalah asupan vitamin A. Anda sangat membutuhkan vitamin A ini baik untuk kepentingan Anda sendiri maupun si jabang bayi. Vitamin yang satu ini sangat penting bagi penglihatan malam hari, pertumbuhan sel, agar kulit tetap sehat dan juga menjaga produksi sel darah merah. Vitamin A ini ada di dalam makanan Kita dalam 2 bentuk, yaitu retinol & beta karoten. Kedua zat tersebut dibutuhkan oleh bayi Anda yang di dalam kandungan sedang mengalami perkembangan jaringan & organ tubuh.

Vitamin A di dalam bentuk retinol bisa mudah Anda temui di dalam beberapa makanan seperti kuning telur, susu, mentega & margarin. Semua makanan ini tentu baik untuk dikonsumsi selama Anda menjalani masa kehamilan.

Selain itu, retinol juga terdapat di dalam hati sapi dan hati ayam. Namun, kandungan retinol pada bahan makanan yang ini dosisnya terlalu tinggi. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk sedikit saja dalam mengonsumsi makanan berbahan hati dalam masa kehamilannya.

Di samping dalam bentuk retinol, vitamin A yang tersedia dalam bentuk beta-karoten juga sangat baik unntuk Anda konsumsi. Sumber vit A betakaroten yang baik bisa Anda temui di dalam buah atau sayuran yang memiliki warna terang seperti wortel, ubi jalar, jeruk, pepaya & atau sayuran hijau, terutama bayam & brokoli. Lihat juga: 5 Nutrisi Ini Bikin Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan.

Tapi perlu diingat juga ya Bun. Konsumsi vitamin A yang berlebihan bisa saja bersifat kontra-produktif. Alih-alih dapat membantu, kelebihan vitamin ini dapat memicu kerusakan jaringan. Oleh karena itu bijaklah dalam mengonsumsinya, dan lebih baik lagi jika dikonsultasikan dengan dokter Anda. Semoga di usia kehamilan 21 minggu ini Bunda tetap sehat begitu juga dengan si kecil yang ada di dalam perut Bunda.

Info Bumil Lainnya