5 FAKTA GERAKAN BAYI MENENDANG DALAM KANDUNGAN

5 fakta gerakan bayi menendang dalam kandungan merupakan salah satu dari banyak pengalaman baru yang dirasakan para ibu hamil saat menjalani masa kehamilannya. Ada berbagai perubahan baik secara fisik ataupun psikis yang terjadi. Juga banyak sensasi yang tak biasa yang dialami para ibu hamil, misalnya seperti soal bayi yang kerap menendang di dalam kandungan.

Ada beberapa fakta menarik soal janin menendang di dalam kandungan. Mulai dari alasan kenapa bayi menendang & faktor apa sajakah yang mempengaruhinya. Selengkapnya, Kita ikuti 5 fakta gerakan bayi menendang dalam kandungan yang menarik berikut ini.

5 fakta gerakan bayi menendang dalam kandungan

Image: mnn.com

Bayi Sudah Bisa Menendang Di Usia Kehamilan 13 Minggu

Dilansir dari boldsky, pada ibu yang sebelumnya sudah pernah hamil, maka pada masa kehamilan berikutnya sensasi tendangan janinnya bisa dirasakan lebih awal. Saat usia kandungannya yang baru 13 minggu, ibu sudah dapat merasakan gerakan tendangan bayi.

Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan kesiapan seorang ibu untuk hamil yang sudah jauh lebih besar dibandingkan dengan masa kehamilan yang sebelumnya.

Tendangan Bayi Terasa Di Minggu ke 18 – 24

Pada pengalaman ketika menjalani hamil pertama kalinya, tendangan bayi ini biasanya mulai terasa pada saat memasuki minggu ke-18 hingga minggu ke24.

Pengaruh Dari Makanan Yang Dikonsumsi

Tendangan bayi kadang terasa begitu intens, kadang ia juga sangat pasif. Salah satu yang jadi penyebabnya adalah pola makan dari sang calon ibu. Apa yang calon ibu konsumsi selama hamil ternyata bisa mempengaruhi keaktifan janin dalam rahim. Jadi sangat penting bagi ibu hamil untuk terus secara rutin memonitor & memperhatikan makanan yang dikonsumsi dalam setiap harinya.

Dokter biasanya menyarankan bagi para ibu hamil untuk selalu mencatat & mengingat waktu-waktu kapan saat bayi paling sering menendang di dalam kandungan.

Gula Darah Ibu Bisa Jadi Penyebab Bayi Menendang

Saat gula darah ibu sedang rendah, bayi bisa saja menendang lebih sering. Atau pada ibu sedang melakukan sebuah aktivitas fisik, bayi bisa menjadi lebih aktif menendang di dalam kandungan.

Intensitas Tendangan Menurun Di Minggu Ke 36

Intensitas tendangan dari bayi Anda bisa menurun pada saat usia kandungan sudah memasuki minggu ke 36. Jadi jangan merasa khawatir secara berlebihan ya jika Bunda merasakan perubahan seperti ini ketika sudah hamil tua. Lihat juga: 5 Aktifitas Unik Bayi Dalam Perut Ibu.

Nah, itulah 5 fakta gerakan bayi menendang dalam kandungan. Pastikan posisi tidur & juga aktivitas sehari-hari tetap dapat memberikan rasa nyaman ya. Apabila merasakan sesuatu yang tidak biasa atau mengkhawatirkan gejala tertentu selama menjalani masa kehamilan, segeralah hubungi dokter.

Info Bumil Lainnya