6 TIPS MEMILIH SEPATU & SANDAL IBU HAMIL

Perhatikan 6 tips memilih sepatu & sandal ibu hamil ini demi kesehatan Anda. Wanita hamil kerap mengalami masalah apabila memakai sebuah alas kaki yang salah. Memakai high heels misalnya berisiko bagi ibu hamil yang sudah mulai mengalami pembengkakan pada kakinya. Sementara menggunakan sandal jepit juga tidak disarankan.

Menurut sebuah survei di Inggris, 7 dari 10 ibu hamil mengaku bahwa mereka mengalami masalah pada kakinya di saat menjalani kehamilan, seperti pergelangan kakinya bengkak (37 persen), kaki yang bengkak (45 persen), serta sakit di bagian tulang kering & tumit (16 persen) karena memakai sepatu datar, sandal jepit, sepatu high heels & Ugg boots.

6 tips memilih sepatu & sandal ibu hamil

6 tips memilih sepatu & sandal ibu hamil
(Image; momtricks.com)

Memakai high heels juga bisa mengubah postur tubuh, memendekkan bagian otot-otot betis & meningkatkan tekanan di bagian punggung dan lutut. Sementara itu sandal jepit bisa meningkatkan aktivitas otot-otot di bagian depan tulang kering sebab jari-jari kaki mencoba untuk menjepit sandal agar sandal tidak lepas.

Agar Bunda merasa aman dan nyaman, coba perhatikan 6 tips memilih sepatu & sandal bagi ibu hamil ini sebelum kesehatan Bunda terganggu dan masa kehamilan jadi tidak nyaman.

Ukuran Hak Sandal & Sepatu

Pilihlah alas kaki yang tidak membebani kaki Anda di dalam menjaga keseimbangan tubuh. Oleh karena itu idealnya tinggi hak alas kaki, baik sandal ataupun sepatu, bagi ibu hamil adalah 1-2 cm.

Meskipun begitu, alas kaki dengan hak yang setinggi 3 cm masih dapat ditoleransi asalkan tidak runcing bentuknya, namun lebar & tebal sehinga mampu menyangga kaki Anda dengan merata, misalnya seperti model wedges. Alas kaki yang tinggi haknya 3 cm bisa dijadikan pilihan yang lebih baik karena mampu memindahkan berat badan Anda sedikit ke depan kaki. Ibu hamil juga dapat memilih model alas kaki seperti loafer, sneaker dengan ketinggian hak yang aman.

Bahan Yang Tepat

Pilihlah alas kaki yang terbuat dari bahan alami, misalnya seperti kulit atau kanvas sehingga membuat kaki bisa tetap ‘bernafas’.

Sol Karet

Pilih sandal ataupun sepatu dengan sol dari karet, hal ini bertujuan agar alas kaki tidak licin, sehingga mengurangi risiko Anda terpeleset.

Model Yang Sederhana

Pilih alas kaki yang modelnya sederhana, semisal yang tidak bertali-tali, karena Anda akan kesulitan mengikatnya, terutama saat perut makin membesar.

Ukuran Alas Kaki Yang Pas

Gunakan alas kaki yang ukurannya tidak terlalu sempit atau yang terlalu longgar, agar memiliki ruang bagi jari-jari kaki agar dapat bergerak leluasa. Hindari memakai alas kaki berpenutup yang ujungnya agak runcing, karena jari kaki Anda akan tergencet.

Nomor Yang Baru

Di akhir masa kehamilan biasanya telapak dan juga pergelangan kaki akan membengkak sehingga ukuran kaki Anda jadi lebih besar 1 hingga 2 nomor. Jadi, jangan pernah merasa rugi untuk membeli sepatu dengan ukurannya yang baru, cukup 1-2 pasang saja. Lihat juga: 6 Perlengkapan Ibu Hamil Yang Harus Bunda Punya.

Nah itulah 6 tips memilih sepatu & sandal ibu hamil agar Anda tetap merasa nyaman serta menjamin keamanan selama beraktifitas juga meminimalisir risiko yang berbahaya, baik bagi ibu maupun janin yang dikandung.

Info Bumil Lainnya