MENJADI WANITA PELUPA SAAT HAMIL, KENAPA YA?

Kok Saya menjadi wanita pelupa saat hamil ini? Apakah Anda mengalami hal ini? Jangan panik. Beberapa penelitian memang membenarkan bahwa umumnya para calon ibu sering menjadi pelupa saat masa kehamilan. Istilah seperti ini sering dikenal dengan istilah Momnesia. Namun, umumnya hal seperti ini hanya terjadi pada saat usia kandungan memasuki trimester ketiga. Lantas apakah yang menjadi penyebabnya?

Seorang calon ibu mendadak jadi wanita pelupa saat hamil bukan merupakan hal yang perlu dikhawatirkan, ada beberapa penyebab yang harus Bunda ketahui agar tidak merasa takut atau khawatir lagi. Berikut penjelasannya.

Emosi Dan Hormon

Banyaknya pikiran yang sering berkecamuk di benak seorang ibu hamil, misalnya seperti ketidaksiapan sang calon ibu dengan kehadiran bayi, memikirkan jenis kela-min bayi, mengira-ngira seperti apa wajahnya nanti hingga mengkhawatirkan kondisi kesehatan janinnya membuat otak ibu hamil terlalu penuh & kadang menjadi pelupa saat hamil.

menjadi wanita pelupa saat hamil

Image: momjunction.com

Ibu hamil juga rentan terhadap stres, yang menyebabkannya seringkali mengalami kurang tidur, mual mual di pagi hari, cepat merasa kelelahan dan mood-nya lebih sensitif. Siapa saja bisa menjadi pelupa jika sedang mengalami hal tersebut.

Menurut sebuah studi ilmiah, faktor hormon kehamilan juga berperan penting dalam membuat ibu hamil menjadi pelupa. Semasa masa hamil, hormon progesteron & estrogen akan saling mempengaruhi satu sama lain serta mempengaruhi susunan saraf pada otak yang mengakibatkan seorang ibu hamil  menjadi pelupa. Riset tersebut juga membuktikan bahwa selama menjalani kehamilan, volume otak akan sedikit menyusut sehingga seorang ibu hamil  menjadi pelupa.

Apakah IQ seorang ibu menurun saat hamil?

IQ Bunda tidak menurun. Tidak perlu khawatir, sebab setelah bayi Bunda lahir & menjelang usia 6 bulan, otak seorang wanita hamil akan kembali lagi pada kondisi semula. Semuanya akan kembali normal seperti sedia kala. Lihat juga: 5 Penyebab Wanita Hamil Sering Bad Mood.

Tips Agar Tidak Jadi Pelupa Saat Hamil

  • Buatlah sebuah agenda & susunan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, sehingga memudahkan untuk diingat. Jika perlu, Bunda bisa memanfaatkan kalendar ataupun aplikasi agenda yang ada di dalam smartphone sebagai pengingat.
  • Taruhlah benda-benda yang sering dipakai pada tempat yang sama & kurangi memindah-mindahkan barang.
  • Buatlah daftar hal-hal yang ingin & harus Bunda kerjakan dengan teratur tiap harinya.
  • Buatlah hidup Bunda jadi lebih mudah sehingga tidak menambah beban pikiran dan menambah stres bagi diri sendiri. Pikiran yang sering ruwet bisa mengakibatkan Bunda menjadi pelupa saat hamil.

Menjadi wanita pelupa saat hamil bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena merupakan salah satu dari bunga-bunga kehamilan. Jangan membuat Bunda menjadi stres karenanya. Cobalah luangkan waktu untuk bersenang-senang, perbanyaklah jalan kaki, buat suasana makan malam yang menyenangkan ataupun sering berkumpul bersama keluarga atau kerabat serta orang yang Bunda sayangi. Semua kegiatan tersebut dapat meringankan pikiran Bunda selama menjalani masa kehamilan.

Info Bumil Lainnya