8 OLAHRAGA SAAT HAMIL MUDA YANG AMAN

8 olahraga saat hamil muda yang aman ini bisa Bunda coba salah satunya. Berbagai gejala yang sering timbul saat sedang mengandung, seringkali membuat seorang wanita merasa tidak nyaman. Mulai dari adanya morning sickness hingga cepat merasa lelah yang muncul karena perubahan di dalam hormon & fisik Bunda. Untuk mengurangi munculnya rasa tidak nyaman pada awal kehamilan, Bunda bisa melakukan olahraga ringan atau latihan fisik.

Sebenarnya ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk dapat mengurangi gejala-gejala kurang nyaman tersebut. Namun berikut ini akan Kami jelaskan cara mengatasinya dengan cara berolahraga. Berikut adalah 8 olahraga saat hamil muda yang aman atau beberapa kegiatan fisik yang sangat baik jika Bunda lakukan di saat trimester pertama, seperti yang dilansir dari laman web Healthline.

 

8 olahraga saat hamil muda yang aman

Image: pilatesvictoriabc.ca

Senam Aerobik Ringan

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari senam aerobik ringan ini. Di antaranya seperti dapat meningkatkan kadar oksigen, mencegah terjadinya ambeien saat hamil, meningkatkan kekuatan otot serta juga membakar kalori. olahraga ringan ini juga meliputi gerakan-gerakan menarik napas yang dapat meningkatkan kinerja jantung.

Berjalan Kaki

Berjalan merupakan olahraga saat hamil yang aman dan paling mudah  juga praktis untuk dilakukan seorang ibu hamil.  Dengan berjalan, tidak terasa kalori yang ada dalam tubuh Bunda akan terbakar tanpa harus melakukan aktifitas fisik yang berat. Tapi usahakan Bunda untuk memakai sepatu yang nyaman & tidak berjalan terlalu jauh. Ini juga bisa dilakukan di halaman atau sambil mondar mandir di rumah 10 hingga 15 menitan tiap hari.

Berenang

Berenang mampu meregangkan otot-otot Bunda, sehingga akan dapat mempermudah saat proses persalinan. Melakukan olahraga ini minimal 3x seminggu selama 20 menitan dapat menjaga bentuk tubuh Bunda tetap bagus. Lihat juga: 8 Manfaat Berenang Untuk Wanita Hamil.

Bersepeda

Selain mudah, bersepeda juga ternyata bagus untuk dilakukan di saat trimester pertama. Aktifitas ini mampu mengurangi ketegangan pada organ organ kehamilan. Bagi wanita hamil yang merasa malas untuk olahraga, bersepeda menjadi alternatif yang cukup mengasyikkan. Selain itu, bersepeda juga dapat mencegah Bunda agar tidak mudah terluka. Lakukan bersepeda ini di tempat yang datar atau jalanan yang mulus ya serta agar selalu berhati hati. Bunda juga bisa melakukannya di sepeda statis.

Yoga & Teknik Relaksasi

Yoga & relaksasi mampu membantu Bunda merasa lebih nyaman. Disamping itu, teknik ini juga bisa mempermudah proses persalinan. Aktifitas ini mampu menurunkan stress & kondisi fisik yang kurang nyaman. Yoga & relaksasi juga dapat membantu meningkatkan kemampuan fisik serta mental.

Senam Pilates

Senam pilates dapat memperkuat otot-otot, mampu mempertahankan bentuk badan & mencegah rasa sakit juga penambahan berat badan. Sering-seringlah Bunda menghadiri latihan senam ini & meminta pada instrukturnya memberi pelatihan senam untuk ibu hamil. Sebab senam ini sangat baik dilakukan apalagi di trimester pertama. Lihat juga: Senam Hamil Sederhana Untuk Di Rumah.

Stretching

Stretching ini sangat baik dilakukan saat kehamilan trimester pertama. Dalam sehari, Bunda bisa melakukan stretching sebanyak yang Bunda bisa. Latihan fisik ini juga bisa dilakukan setiap Bunda akan melakukan olahraga lain. Aktifitas ini mampu menurunkan risiko terjadinya luka & komplikasi saat masa hamil maupun saat melahirkan.

Senam Ke’gel

Senam ini mampu memperkuat otot-otot Bunda yang bekerja saat proses persalinan. Selain itu juga bisa menunjang bentuk tubuh & mengurangi rasa sakit serta mampu mencegah kelebihan berat badan pada wanita hamil.

Itulah 8 olahraga saat hamil muda yang aman. Bisa Bunda lakukan selama trimester pertama atau 3 bulan pertama kehamilan. Namun, jika ingin tips kesehatan atau olahraga yang paling cocok dan sesuai dengan diri Bunda, ada baiknya apabila mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter karena setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda tentunya.

Info Bumil Lainnya