11 PENYEBAB PENDARAHAN DI LUAR WAKTU HAID

Apa saja penyebab pendarahan di luar waktu haid? Ketika sedang mengalami menstruasi, organ in-tim wanita tentunya akan mengeluarkan darah yang dinamakan dengan haid. Namun pendarahan juga bisa saja terjadi bahkan pada saat seseorang tidak sedang menstruasi. Seringkali pendarahan yang bukan menstruasi tersebut dikaitkan dengan kanker.

Namun tidak semua penyebab pendarahan di luar waktu haid tersebut berarti kanker. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya pendarahan tersebut. Perdarahan yang tidak normal selain di luar periode menstruasi diantaranya jika muncul pada saat yang tidak sesuai, misalnya seperti sebelum seorang wanita berusia 9 tahun atau setelah menopause. Berikut ini adalah beberapa yang menjadi penyebabnya seperti dilansir laman Health Me Up.

penyebab pendarahan di luar waktu haid

Penyebab pendarahan di luar waktu haid
(Image: weibo.com)

Akibat Hormon Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya perubahan pada kebiasaan makan, minum pil KB, kelenjar tiroid & ada masalah pada ovarium.

Akibat Fibroid

Fibroid merupakan penyebab lain dari terjadinya pendarahan diluar waktu mensturasi. Beberapa di antaranya seperti kista, polip & juga fibroid pada uterus. Beberapa hal tersebut bukan kanker namun juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan.

Kanker

Ini adalah salah satu penyebab yang lebih umum dan sering dikaitkan dengan pendarahan pada wanita. Kanker uterus, serv!ks, ovarium dan organ in-tim biasanya dapat menyebabkan pendarahan.

Terdapat Infeksi

Peradangan dan juga pendarahan pada wanita juga bisa disebabkan oleh terjadinya infeksi pada organ in-tim wanita. Infeksi pada organ panggul, termasuk vag-!na, leher rahim, rahim atau tuba falopi (saluran yang berfungsi untuk membawa telur dari bagian indung telur ke rahim) yang bisa menyebabkan perdarahan terutama sesudah berhubungan in-tim.

Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan ataupun infeksi pada rahim, pada tuba falopi, atau pada indung telur.

Masa Kehamilan

Jika Anda sedang hamil & mengalami pendarahan, penyebabnya mungkin terjadi komplikasi. Apabila sel tellur dibuahi pada tuba falopi, kemungkinan besar seorang wanita akan mengalami pendarahan. Ini juga yang disebut dengan kehamilan ektopik. Lihat juga: Penyebab Flek Yang Wajar Saat Hamil Muda.

Terjadi Keguguran

Selain terjadinya komplikasi, jika Anda mengalami pendarahan yang saat hamil, kemungkinan besar Anda telah mengalami keguguran. Lihat juga; 4 Tanda Keguguran Yang Harus Anda Ketahui.

Alat Kontra-sepsi

Alat kontra-sepsi untuk seorang wanita yang dilakukan dengan cara memasangkan alat pada organ in-timnya (IUD) juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan.

Penyakit Diabetes

Pada beberapa kasus, penyakit diabetes juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan pada wanita. Jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes atau memiliki tingkat gula darah yang tinggi, kemungkinan ini bisa saja terjadi.

Sedang Stres

Pendarahan pada wanita juga bisa dipicu oleh adanya stres. Namun biasanya stres ini merupakan faktor tambahan yang dapat memicu hal lainnya & menyebabkan pendarahan.

Penyebab Lain

Penyebab lain dari perdarahan pada organ pribadi wanita yang lebih jarang terjadi diantaranya adalah adanya kekerasan sek-sual, terdapat benda di dalam organ in-tim, stres emosional & olahraga yang berlebihan ataupun penyakit lainnya seperti hipertiroid (hormon tiroidnya berlebih) dan juga diabetes.

Tips Jika Mengalaminya

Anda harus mengamati gejala yang timbul saat mengalami pendarahan di luar waktu haid ini, seperti apakah perdarahan abnormal ini muncul kembali? Apakah perdarahannya semakin banyak sehingga membuat Anda merasa lemah? Atau apakah muncul nyeri pada perut bagian bawah? Jika Anda masih saja mengalami perdarahan di luar periode menstruasi, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, sehingga akan dilakukan pemeriksaan fisik dan juga tes medis seperti USG & pap smear. Dan segera temui dokter apabila:

  • Anda sedang hamil dan terus/sering mengalami perdarahan.
  • Selain perdarahan, Anda juga merasakan pusing, demam & rasa nyeri pada perut bagian bawah.

Itulah berbagai penyebab pendarahan di luar waktu haid. Pendarahan pada area pribadi wanita tak selalu berarti Anda mempunyai kanker. Meskipun begitu, pendarahan seperti ini jangan dianggap  hal sepele yang bisa begitu saja diabaikan. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter jika mengalaminya.

Info Bumil Lainnya