4 ALASAN TIDAK MENUNDA KEHAMILAN PERTAMA

Ada 4 alasan tidak menunda kehamilan pertama yang harus diketahui para pengantin baru. Karena kini, tidak jarang para wanita memilih untuk menunda dulu untuk memiliki anak dengan berbagai alasan tentunya. Sengaja menunda kehamilan ini ternyata bisa saja membawa efek yang kurang menyenangkan pada beberapa wanita, baik itu bagi si bayi maupun bagi sang ibu sendiri.

Oleh sebab itu, kehamilan pertama ini menjadi hal yang sangat penting bagi para pasangan yang akan atau baru menikah. Sebagaimana dilansir dari thehealthsitecom, berikut ini adalah adalah 4 alasan tidak menunda kehamilan pertama karena menunda kehamilan pertama ternyata bukanlah merupakan pilihan yang tepat.

Kesuburan akan menurun seiring bertambahnya usia

Menunda kehamilan pertama tentu akan membuat Anda selangkah lebih dekat lagi dengan ketidaksuburan. Penyebabnya adalah karena jumlah sel tellur di dalam ovarium Anda akan menurun seiring dengan terus bertambahnya usia.

 4 alasan tidak menunda kehamilan pertama

Wanita yang usianya telah mencapai 30  tahunan seringkali mengalami berbagai masalah kesuburan yang dikaitkan dengan menurunnya kemampuan ovulasi. Selain itu, semakin bertambahnya usia juga sering dikaitkan djuga engan endometriosis (penyumbatan pada saluran telur).

Meningkatnya risiko cacat lahir

Meskipun saat ini telah hadir berbagai metode perawatan modern untuk dapat mengatasi masalah kesuburan, namun tetap saja tidak mampu mengurangi risiko cacat bayi saat lahir. Menunda kehamilan pertama juga dapat meningkatkan risiko bayi Anda mengalami Downs syndrome, yaitu kelainan pada kromosom dengan perbandingan 1 : 1000 pada usia 30 tahunan, 1 : 100 pada usia 40 tahunan dan seterusnya. Lihat juga: Risiko Kehamilan Pertama Di Usian 30 Tahunan.

Risiko komplikasi selama persalinan

Wanita yang berusia yang lebih tua akan membutuhkan usaha yang jauh lebih keras untuk melakukan persalinan (untuk yang melahirkan secara normal). Semakin bertambahnya usia akan menyebabkan rahim wanita juga ikut mengalami penuaan. Inilah yang membuat penundaan kehamilan pertama tidak direkomendasikan.

Kondisi kesehatan juga menurun

Apabila Anda tidak menjaga pola hidup yang sehat, tentu tak menutup kemungkinan jika kondisi kesehatan Anda juga akan semakin menurun. Beberapa kondisi kesehatan yang sering muncul seperti diabetes & tekanan darah bisa membuat Anda sedikit sulit untuk hamil. Apalagi jika Anda memiliki bayi pertama yang kondisinya cacat lahir, maka Anda memilki risiko sekitar 25% melahirkan yang anak kedua dengan kondisi sama. Lihat juga: Berbagai Keuntungan Hamil Pertama Di Usia 20 Tahunan.

4 alasan tidak menunda kehamilan pertama tersebut di atas yang menjadikan menunda kehamilan tidak direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan. Ini karena berbagai risiko yang bisa saja dilami ibu dan anak. Namun jika keadaan memaksa Anda untuk menunda kehamilan, pastikan dengan berkonsultasi terlebih dulu dan melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kebidanan serta jangan menundanya terlalu lama.

Info Bumil Lainnya