4 BAHAYA HAMIL DI USIA MUDA (REMAJA)

Ada 4 bahaya hamil di usia muda dan harus Anda ketahui. Hamil pada usia muda di sini maksudnya pada para wanita yang sudah hamil di saat usianya masih belia, yaitu belasan tahun. Mungkin bisa disebut juga remaja hamil.

Nah, ada beberapa hal yang menjadi faktor kenapa para ahli medis tidak menyarankan para remaja untuk keburu mengandung bayi. Bahkan untuk para pasangan yang telah sah menikah sekalipun. Ada baiknya bagi mereka untuk menunda memiliki momongan hingga usia sang istri cukup & matang untuk mulai mengandung. Lantas, kengapa demikian? Hal tersebut akan berakibat langsung kepada remaja itu sendiri & juga si janin yang dikandung. Ada beberapa macam masalah kesehatan yang kemungkinan akan mengancam bila seorang remaja hamil pada usia muda. Apa saja? Berikut ulasan tentang 4 bahaya hamil di usia muda.

4 bahaya hamil di usia muda

Image: botosaneanul.ro

Risiko bayi terlahir cacat

Para ahli kesehatan menjelsakan bahwa tubuh seorang wanita remaja yang masih berusia belasan tahun mempunyai kemungkinan tidak mampu di dalam mengatasi terjadinya komplikasi kehamilan tertentu. Hal tersebut jelas akan dapat meningkatkan terjadinya beberapa efek buruk, salah satu diantaranya adalah risiko terjadinya cacat lahir pada janin.

Tingkat stresnya lebih tinggi

Statistik yang ada menyatakan bahwa para wanita remaja yang berusia belasan tahun dan hamil akan mengalami sebuah tingkat stres yang tinggi. Bahkan tingkatnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita yang lebih tua, misalnya wanita di pertengahan usia 20 tahunan.

Saat sedang hamil, para remaja-remaja ini akan mengalami 2 jenis stres, yakni stres secara fisik dan stres emosional dengan bersamaan. Kemungkinan besar juga mereka tidak mempunyai cukup waktu ataupun pengetahuan yang baik untuk menanganinya.

Tidak punya pengetahuan yang baik dalam membesarkan anak

Dalam hal mengurus, membesarkan & mendidik anak, remaja tidak punya pengalaman tersebut, jadi terdapat kemungkinan pola pendidikan atau pengasuhan yang diajarkan kepada buah hatinya masih kurang. Berbeda halnya dengan mereka yang memang sudah lebih matang, mereka punya tingkat pendidikan yang cukup pula, sehingga anaknya akan berkembang dengan cukup baik dari sisi pembelajaran orang tuanya.

Potensi depresi

Reputasi di tengah masyarakat Kita saat hamil pada usia belasan tahun memang sangat buruk. Khususnya lagi di Indoensia. Banyak orang yang beranggapan bahwa hamil pada usia muda atau masih usia belasan tahun dipandang tidak pantas. Sehingga kemungkinan orang-orang sekitar juga tidak memperlakukan para wanita remaja hamil ini dengan baik.

Hal tersebut dapat memicu timbulnya depresi & rasa sakit hati. Kadang-kadang teman-teman sekolahnya juga tidak akan mendukung & justru malah bersikap sebaliknya. Depresi yang muncul berlebihan akan meningkatkan terjadinya risiko keguguran. Baca juga: 7 Ciri Kehamilan Anda Normal & Sehat.

Nah demikian 4 bahaya hamil di usia muda, terutama saat usia sekolah, yaitu masih belasan tahun. Mungkin Kita juga menemukan ada beberapa remaja yang hamil dan melahirkan bayinya serta mereka kelihatan baik-baik saja, tapi itu hanya kasuistis saja, pastikan Anda dan orang orang di sekitar Anda harus sudah matang dan siap secara fisik dan mental untuk menjadi seorang ibu, karena banyak risiko yang dipertaruhkan, baik masa depan sendiri maupun masa depan buah hatinya.

Info Bumil Lainnya