NUTRISI & MAKANAN SEHAT IBU HAMIL TRIMESTER 1, 2 DAN 3

Nutrisi & makanan sehat ibu hamil trimester 1, 2 dan 3 harus selalu diperhatikan. Kebutuhan nutrisi saat menjalani masa kehamilan sangat penting untuk Bunda penuhi. Kebutuhan nutrisi Bunda yang terpenuhi mampu meningkatkan kecerdasan si jabang bayi dalam kandungan. Asupan nutrisi sangat penting untuk dijaga karena berdampak langsung pada pertumbuhan janin, ini juga penting untuk menjaga kesehatan wanita hamil, serta sebagai sumber cadangan makanan selama masa laktasi.

Tahukah Bunda, jika kebutuhan nutrisi setiap trimester kehamilan itu berbeda? Berikut ini adalah kebutuhan nutrisi & makanan sehat ibu hamil trimester 1, 2 dan 3 yang harus Bunda penuhi.

Trimester Pertama Kehamilan

Pada awal masa usia kehamilan 1 hingga 3 bulan pertama ini akan terjadi penyesuaian hormon pada wanita hamil. Perubahan tersebut akan menyebabkan Bunda merasa pusing, mual & terkadang dapat mengakibatkan penurunan bobot badan. Morning sick seperti ini umumnya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama.

Nutrisi & makanan sehat ibu hamil trimester 1, 2 dan 3

Image: www.dailymail.co.uk

Untuk menjaga asupan nutrisi yang baik, Bunda disarankan agar makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak namun cukup sering. Pilihlah makanan yang kering serta tidak berkuah. Apabila Bunda mempunyai alergi makanan tertentu lebih baik hindari dulu. Saat merasakan mual, makanlah makanan yang menyegarkan seperti buah jeruk & sayuran segar. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan selera makan. Baca juga: 16 Cara Simple Atasi Mual Morning Sickness.

Trimester Kedua Kehamilan

Pada trimester kedua ini, naf-su makan Bunda akan mulai membaik. Pada saat usia kandungan 4 hingga 6 bulan ini, Bunda bisa makan 3 kali dalam sehari dengan satu kali makanan selingan. Pilihlah makanan yang banyak memiliki kandungan protein hewani, misalnya saja seperti ikan, daging & telur.

Untuk makanan selingannya Bunda bisa mengonsumsi buah ataupun cookies. Makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi sangat disarankan bagi Bunda untuk dapat mengurangi risiko anemia. Pilihlah makanan yang beraneka ragam & makanlah dalam jumlah yang cukup. Baca juga: Ini Dia Pentingnya Zat Besi Bagi Janin Dalam Kandungan.

Trimester Ketiga Kehamilan

Pada saat usia kehamilan memasuki 6-9 bulan, di dalam memilih jenis makanan, Bunda harus memperhatikan juga keadaan bobot tubuh. Jika Bunda mempunyai berat badan yang berlebih, akan lebih baik jika Bunda mengurangi makanan yang memiliki kandungan tinggi karbohidrat. Perbanyaklah konsumsi buah & sayur. Makanan yang kaya dengan serat akan membantu Bunda mengurangi sembelit.

Di usia kehamilan ini, sebagian ibu hamil seringkali mengalami bengkak kaki, untuk dapat mengurangi risiko tersebut, sebaiknya Bunda mengurangi konsumsi garam. Akan lebih baik jika Bunda tidak menambahkan garam dalam masakan yang akan Bunda konsumsi. Baca juga: 5 Tips Mudah Atasi Kaki Bengkak Ibu Hamil.

Nah itulah nutrisi & makanan sehat ibu hamil trimester 1, 2 dan 3 yang harus Bunda penuhi per trimesternya. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk mengetahui tahap perkembangan janin. Hal tersebut penting agar kesehatan Bunda & janin senantiasa terjaga.

Info Bumil Lainnya