MANFAAT BABYMOON BAGI IBU HAMIL, PENTING!!

Manfaat babymoon bagi ibu hamil ternyata tidak sedikit. Dalam mempersiapkan diri menjadi orangtua, Anda & pasangan mungkin seharusnya mencoba baby moon. Istilah babymoon sendiri diperkenalkan wanita bernama oleh Sheila Kitzinger, seorang penulis banyak buku mengenai kehamilan & kelahiran asal Inggris.

Menurut penuturan Kitzinger, babymoon ini adalah honeymoon sebelum Anda melahirkan Si Kecil. Apabila honeymoon dilakukan sesudah menikah maka babymoon ini bisa dilakukan sebelum ataupun sesudah Anda melahirkan. Di masa-masa inilah Anda & pasangan dapat menikmati kenyamanan & ketenangan di berbagai tempat eksotis sebelum akhirnya menjadi orangtua & kekurangan waktu tidur nantinya demi mengurus si buah hati.

Untuk Anda yang ingin merasakan manfaat babymoon bagi ibu hamil, sebaiknya rencanakan sejak sekarang. Banyak Bunda di luar sana yang menyarankannya. Karena kalau sudah menjadi seorang ibu, para wanita akan sulit beradaptasi dengan beberapa rutinitas baru. Nah, babymoon tersebut diyakini bisa membuat Anda sebagai calon ibu jadi lebih rileks saat nanti mengurus bayi.

Manfaat babymoon bagi ibu hamil

Image: sheknows.com

Manfaat Babymoon Untuk Suami Istri

Tentu saja babymoon dapat membawa dampak positif untuk calon ayah & ibu. Anda yang terbiasa tidur dengan tepat waktu, tentu akan nantinya sedikit kaget ketika mempunyai bayi & tidak bisa tidur sebab bayi Anda bisa saja terbangun selang 2 jam sekali di waktu tengah malam. Saat Anda bersama dengan pasangan melakukan babymoon, Anda harus mampu memaksimalkan waktu berduaan, buatlah sebuah quality time yang tidak terlupakan.

Bukan cuma sebelum melahirkan, kegiatan babymoon juga bisa dilakukan setelah Anda melahirkan. Babymoon setelah Anda melahirkan bisa membantu Bunda dan buah hati mempunyai hubungan menyusui atau breastfeeding relationship yang kuat. Bayi yang sering menerima skin to skin contact dengan Bunda akan melewati proses menyusuinya dengan baik, punya temperatur, tekanan darah & detak jantung yang normal dan juga jarang menangis.

Manfaat lainnya dari babymoon ini adalah membantu Anda sembuh setelah persalinan. Babymoon membuat Anda lebih rileks di dalam menghadapi persalinan & mengurus Si Kecil, hal tersebut  ternyata mampu mengurangi pendarahan serta bisa mempercepat proses penyembuhan Bunda pasca melahirkan.

Waktu Yang Tepat Untuk Babymoon

Biasanya babymoon setelah melahirkan dilakukan sebelum si kecil berusia 40 hari. Menurut penjelasan American Congress of Obstetricians Gynecologist atau ACOG, waktu yang paling baik untuk bepergian di saat hamil adalah ketika usia kandungan Anda 14 hingga 28 minggu (saat trimester kedua). Di waktu trimester kedua kehamilan tersebut bisa dibilang merupakan saat kondisi kandungan Bunda tidak begitu mengkhawatirkan. Baca juga: 7 Tips Berlibur Dan Wisata Bagi Wanita Hamil.

Menurut penuturan Holly S. Puritz, MD dari ACOG, Bunda harus berhenti traveling ketika usia kandungan sudah menginjak 32 minggu. Di usia tersebut Anda sebaiknya tidak bepergian terlalu jauh dari tempat Anda merencanakan untuk melakukan persalinan. Jadi, bagaimana sekarang? Bunda tertarik ber-babymoon setelah mengetahui manfaat babymoon bagi ibu hamil ini?

Info Bumil Lainnya