5 TIPS & CARA CEPAT HAMIL DENGAN HAID TIDAK TERATUR

Bagaimana tips & cara cepat hamil dengan haid tidak teratur? Pada wanita yang siklus haidnya teratur, biasanya periode mensturasi terjadi sebanyak 11 sampai 13 siklus menstruasi di dalam setahun. Itu artinya, maksimal cuma terdapat 13 kesempatan saja untuk bisa terjadi pembuahan dalam setiap tahunnya. Sebaliknya bagi para wanita yang mempunyai siklus haid yang tak teratur, kesempatan untuk dapat mengalami pembuahan juga secara otomatis akan menjadi semakin kecil tentunya. Sehingga potensi untuk dapat memiliki keturunan juga jadi semakin tipis.

Meskipun demikian, Bunda tidak usah khawatir, selalu ada peluang untuk dapat hamil, selama Anda mampu memahami apa penyebab siklus mensturasi yang tidak teratur. Serta bagaimana cara untuk memperbaiki siklus haid agar jadi lebih teratur, dengan demikian kesempatan Anda untuk bisa mengandung juga akan kembali normal.

tips & cara cepat hamil dengan haid tidak teratur

Image: sorbodevida.com

Pertama-tama, sebelum membahas tips & cara cepat hamil dengan haid tidak teratur adalah Anda harus mengetahui apakah memang benar siklus haid Anda saat ini tidak teratur? Siklus haid merupakan jumlah hari dari awal haid sampai awal menstruasi berikutnya. Siklus haid yang normal berlangsung tiap 23 sampai 35 hari, artinya, apabila siklus haid Bunda terjadi setiap 23 hari sampai setiap 35 hari atau kapanpun siklusnya di antara periode tersebut & terus terjadi seperti itu setiap bulannya, maka Bunda termasuk pemilik siklus haid yang normal.

Siklus mensturasi termasuk tidak teratur apabila terus-menerus terjadi di dalam waktu kurang dari 21 hari ataupun terjadi di dalam waktu yang lebih panjang dari 36 hari. Disamping itu, apabila siklus haidnya berubah ubah dari satu siklus kepada siklus berikutnya dengan jarak atau jangka waktu yang juga berubah ubah, maka siklus mensturasi Bunda termasuk tidak teratur. Kemungkinan paling sering terjadi dari penyebab siklus mensturasi yang tidak teratur ini adalah stres & adanya penyakit. Pada kebanyakan wanita, siklus haid seperti ini akan kembali teratur ketika stres & penyakit sudah diatasi.

Jika Anda termasuk yang mengalami ketidakteraturan pada haid yang sangat serius, maka kemungkinan besar ada masalah ketidakseimbangan pada hormon estrogen & pr0gesteron yang berpengaruh pada frekuensi terjadinya ovulasi & atau menstruasi.

Apabila hormon tidak seimbang yang jadi penyebab siklus haid tidak teratur, penyebab yang paling sering adalah karena kondisi Polycystic Ovarian Syndrome atau yang biasa disebut PCOS. Salah satu gejalanya ialah stimulasi kepada beberapa folikel yang membuatnya akan menghasilkan estrogen di dalam jumlah yang tinggi, tapi tanpa berhasil dalam melepaskan sel telur. Stimulasi yang berlebihan pada dinding rahim tersebut menyebabkan terjadinya penebalan pada rahim, yang akhirnya akan menimbulkan pedarahan haid meskipun ovulasi tidak terjadi. Baca juga: 6 Ramuan Alami Ini Membuat Haid Jadi Teratur.

Masalah tidak seimbangnya hormon bisa terjadi karena terdapat masalah pada pola makan yang mengakibatkan absennya haid ataupun haid yang tidak teratur. Kondisi seperti itu disebut amenorrhea. Selain itu, ada juga kebiasaan wanita berolahraga yang terlalu keras yang juga dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus haid. Pasalnya, berolahraga yang terlampau keras serta pola makan Anda yang tidak teratur dapat mengakibatkan malnutrisi, sebab pemicu hormon di dalam otaknya tidak mendapat dorongan yang dibutuhkan. Untuk tips & cara cepat hamil dengan haid tidak teratur serta untuk memperbesar kesempatan bagi Anda untuk mengandung, cobalah beberapa hal ini:

Perhatikan Asupan Makanan

Konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi seimbang & sehat serta hindarilah makanan instan. Perbanyaklah makanan yang berbahan gandum utuh, makan buah-buahan serta sayuran, hindarilah makanan yang banyak memiliki kandungan karbohidrat juga lemak olahan.

Perhatikan Berat Badan

Pastikan bobot badan Anda sehat & ideal. Apabila kondisi tubuh Anda ternyata kelebihan berat badan, berusahalah menurunkan berat badan Anda ke angka ideal dengan cara membatasi jumlah kalori yang Anda konsumsi & juga melakukan olahraga rutin, terutama apabila Anda memang menderita PCOS. Sebaliknya, bila masalahnya adalah dari berat badan yang ada di bawah angka ideal atau terlalu kurus, usahakanlah untuk dapat menambah bobot badan supaya kadar estrogen juga bisa bertambah. Baca juga: 21 Tips Cepat Hamil Dalam Sebulan.

 

Konsumsi suplemen penambah kesuburan

Konsumsilah suplemen untuk penambah kesuburan, terutama apabila Anda memang sedang berusaha untuk mengandung. Konsumsilan juga vitamin prenatal untuk dapat memastikan tubuh Anda telah siap mengandung dengan selalu memiliki asupan nutrisi yang cukup bagi Anda & janin. Suplemen prenatal juga mampu membantu memperbaiki siklus haid agar stabil serta meningkatkan frekuensi ovulasi.


Cara Cepat Hamil

Olahragalah Dengan Teratur

Usahakan untuk selalu berolahraga secara teratur ya Bun dengan intensitas sedang. Sering melakukan olahraga akan dapat meningkatkan kesuburan Anda.

Catat Siklus Haid Anda

Selalu catat siklus mensturasi Anda setiap bulannya agar dapat mempertimbangkan dengan tepat kapan ovulasi Anda terjadi. Ketika ovulasi terjadi, pastikanlah agar Anda menepatkan waktu ovulasi Anda dengan waktu berhubungan in-tim dengan suami agar memberikan waktu untuk terjadinya pembuahan. Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Dengan Mudah.

Nah itulah tips & cara cepat hamil dengan haid tidak teratur. Yang terakhir tentu saja banyak berdoa, meminta, memohon dan tingkatkan lagi kualitas serta kuantitas ibadah Anda kepada Yang Maha Kuasa agar semakin dekat dekat dengan-Nya, karena usaha apapun tidak akan berguna tanpa izin-Nya.

Info Bumil Lainnya