3 FASE PERKEMBANGAN JANIN PADA TRIMESTER PERTAMA

3 fase perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan ini mungkin bermanfaat untuk menambah pengetahuan Bunda. Menjalani masa hamil termasuk dalam daftar moment yang paling membahagiakan dan dinanti, khususnya bagi seorang wanita. Tidak heran, apabila Bunda atau calon Bunda tidak ingin melewatkan sedikit pun juga saat-saat di mana si jabang bayi hati tumbuh di dalam rahimnya.

Berikut adalah informasi tentang 3 fase perkembangan janin pada trimester petama kehamilan, dimulai saat baru tertanam di rahim Bunda sampai ia berusia tiga bulan.

Periode Germinal

Di dalam periode germinal ini, hal pertama yang akan terjadi adalah sel sper-ma ayah telah berhasil dalam membuahi sel te-lur ibu. Sel yang telah dibuahi tersebut akan berkembang di dalam rahim Bunda. Di dinding rahim Bundalah sel tersebut akan menempel & kemudian bersiap untuk menjadi sebuah bentuk selanjutnya yang dinamakan dengan embrio.

3 fase perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan

Image: stylecraze.com

Periode Embrio

Pada fase atau periode embrio ini, bentuk janin sebenarnya sudah mulai tampak. Beberapa anggota tubuhnya seperti mata, mulut & lidah sudah mulai dapat dilihat bentuknya. Disamping itu, janin Anda juga sudah memiliki sebuah organ tubuh vital yang juga sudah bisa berfungsi. Organ tersebut adalah hati yang mampu menghasilkan berbagai sel darah di dalam tubuh si calon bayi.

Periode Fetus

Dalam fase ini, Bunda mungkin akan merasa begitu senang apabila bisa menyaksikan secara langsung bagaimana tumbuh kembang dari janinnya. Karena di dalam periode ini, organ-organ bayi Anda semakin jelas terlihat. Beberapa organ yang awalnya masih tampak sangat sederhana, sekarang semakin sempurna apabila dibandingkan dengan sebelumnya. Otak bayi juga sudah mulai terbentuk dengan hampir sempurna dan juga mampu bekerja.

Apabila Bunda masih penasaran juga dengan bentuk janin di dalam kandungan, Bunda bisa datang ke rumah sakit & kemudian mencoba teknologi USG untuk dapat melihat sosok si kecil dengan lebih jelas. Baca juga: Tabel Berat Badan Janin & Bumil Minggu Ke Minggu.

Nah, itulah tadi 3 fase perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan, di mulai dari periode germinal, embrio sampai periode fetus. Dimulai dari 2 buah sel yang kemudian melebur menjadi satu sampai menjadi organ-organ tubuh bayi yang kompleks.

Info Bumil Lainnya