PENYEBAB BERAT BADAN SAAT HAMIL TIDAK NAIK

Apakah Bunda termasuk yang mengalami berat badan saat hamil tidak naik dan tampak seperti tidak ada perubahan? Saat hamil, normalnya berat badan seorang wanita semakin meningkat atau naik dikarenakan kehadiran janin dan juga plasenta. Namun ternyata pada beberapa kasus, ada juga berat badan ibu hamil yang tidak bertambah atau bahkan malah berkurang.

Sebenarnya, masa kehamilan dengan kenaikan berat badan seorang calon ibu datang secara bersamaan. Namun kenaikan bobot badan yang terjadi pada setiap ibu sangat mungkin untuk berbeda, ada yang kenaikkannya dalam jumlah besar, ada berat badan ibu hamil yang sedikit sekali bertambahnya & sebagiannya justru berat badan saat hamil tidak naik, namun bahkan berkurang. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa alasan, berikut pembahasannya agar Bunda mengetahui penyebab dari hal tersebut.

berat badan saat hamil tidak naik

Image: www.dhgate.com

Alasan umum dari kurangnya kenaikan berat badan ibu hamil

Yang paling sering terjadi dari penyebab terhambatnya kenaikan berat badan saat hamil adalah mual & muntah yang dialami bumil sepanjang masa kehamilannya cukup parah sehingga sangat sedikit sekali makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja mengakibatkan berat badan wanita hamil tidak naik sebagaimana yang diinginkan. Baca juga: Tips Mengatasi Mual Parah Saat Hamil.

Alasan lainnya adalah jika sang ibu menderita diabetes atau terkena diabetes kehamilan (getasional) sehingga harus selalu mengontrol jumlah makanannya. Terlalu sibuknya Bunda memperhatikan kadar gula, menjadikan berat badan sang ibu justru malah terabaikan. Intinya seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan sesuai dengan yang dibutuhannya. Apabila makanan yang dikonsumsinya ternyata kurang, kenaikan berat badan ibu hamil tidak bisa tercapai. Baca juga: Tips Asupan Makanan Untuk Ibu Hamil Dengan Diabetes.

Tips-Tips yang harus diperhatikan

Kenaikan berat badan saat hamil memang akan berbeda-beda pada setiap orang. Menurut panduan medis, seorang wanita hamil yang mempunyai berat badan kurang atau berat badan normal disarankan untuk bisa mengalami kenaikan berat badannya antara 12 hingga 18 kg, sedangkan untuk mereka yang sebelum hamil memiliki berat badan berlebih, kenaikan berat badan saat hamilnya yang disarankan 7 hingga 11 kg & bagi mereka yang obesitas, kenaikan berat badan ibu hamil sebaiknya hanya sekitar 5 kg saja. Selengkapnya bisa dilihat pada: Tabel Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Bulan Ke Bulan.

Itulah penyebab berat badan saat hamil tidak naik atau hanya sedikit saja. Seringkali kenaikan berat wanita hamil badan yang kurang bukan merupakan sebuah masalah besar. Namun pastikan untuk terus memantau berat badan Bunda, jika Bunda mengalami penurunan bobot badan, segera hentikanlah penurunan tersebut, berkonsultasilah juga dengan dokter Bunda untuk masalah tersebut.

Info Bumil Lainnya