6 TIPS MENGATASI DADA & PERUT GATAL SAAT HAMIL

Cobalah 6 tips mengatasi dada & perut gatal saat hamil ini jika Bunda termasuk yang mengalaminya. Kehamilan seharusnya merupakan masa yang membahagiakan bagi setiap perempuan. Calon ibu yang baru pertama kalinya mengalami kehamilan seringkali kaget dengan beberapa perubahan pada tubuhnya. Selain pada bagian perut & pay-udara yang makin membesar, kaki yang bengkak dan gatal di beberapa area tubuh menjadi hal yang seringkali dialami wanita.

Ibu hamil seringkali merasa gatal di area perutnya, bagian payu-dara & pinggul. Penyebab gatal seperti ini biasanya karena pemuaian kulit sebab area tersebut secara alami tentunya akan membesar seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan juga jadi salah satu penyebab munculnya gatal. Ada beberapa orang wanita yang mengalami gatal-gatal ringan, ada juga yang agak parah hingga mengalami ruam merah di kulit. Hindarilah menggaruk bagian tubuh yang gatal, karena kemungkinan bisa membuat kondisi lebih parah. Untuk dapat mengatasi masalah gatal ringan sampai sedang, Anda bisa aplikasikan 6 tips mengatasi dada & perut gatal saat hamil ini.

6 tips mengatasi dada & perut gatal saat hamil

Image: huffingtonpost.co.uk

Oleskan Lotion Ataupun Minyak Zaitun

Jika gatal yang Bunda rasakan karena kulit yang mulai memuai ataupun kulit kering, Anda bisa mencoba mengoleskan lotion di sekitar area yang terasa gatal tersebut. Usapkan dengan perlahan hingga rasa gatalnya berkurang & hilang. Minyak zaitun ataupun baby oil juga bisa dijadikan pilihan alami. Anda dapat mengoleskan di area tubuh yang gatal, sehingga kulit yang tadinya kering jadi lebih lembab. Baca juga: Aturan Memakai Kosmetik Saat Hamil.

Hindari Mandi Dengan Air Panas

Kulit Anda yang sedang mengalami pemuaian ini biasanya kering & hilang kelembabannya. Maka sebaiknya hindari mandi dengan memakai air hangat yang cenderung panas, meskipun rasanya akan lebih nyaman. Akan lebih baik jika Anda mandi air hangat suam kuku ataupun yang cenderung dingin. Sesudah mandi, selalu oleskan lotion yang aman di seluruh tubuh, termasuk pada area yang sering terasa gatal.

Kompres Memakai Air Es

Tubuh yang terasa panas membuat kulit jadi gatal, duduklah di dalam ruangan yang dingin atau yang  teduh, kemudian kompreslah bagian tubuh yang terasa gatal dengan memakai es atau air es yang telah dimasukkan ke dalam wadah. Diamkan dulu sejenak hingga rasa gatalnya hilang.

Pakailah Baju & Pakaian Dalam Yang Bisa Menyerap Keringat

Ibu hamil biasanya seringkali merasakan panas & berkeringat. Agar Bunda merasa lebih nyaman & tak mengalami gatal, gunakanlah baju yang nyaman & longgar, kain dari bahan katun yang mampu menyerap keringat tentunya akan lebih baik. Begitu juga dengan baju dalam Anda, pilihlah yang berbahan nyaman & polos tanpa memakai renda. Baca juga: Sering Berkeringat Banyak Saat Hamil? Ini Dia Solusinya!

Sebisa Mungkin Hindari Kondisi Panas

Karena ibu hamil memang cenderung mudah merasakan panas & suhu tubuhnya cepat naik, sebisa mungkin hindarilah aktivitas yang lama di luar ruangan, terutama di saat matahari sedang terlihat terik. Apabila terpaksa, pakailah pakaian yang nyaman seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya & gunakanlah payung. Lebih baik lagi apabila Anda sering berada di dalam ruangan yang teduh & memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Itulah 6 tips mengatasi dada & perut gatal saat hamil yang bisa Anda pakai. Apabila gatal masih saja terasa & makin tidak nyaman, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Jangan sembarangan juga dalam memberi lotion sebagai penghilang gatal, karena ada juga beberapa bahan & obat-obatan yang tidak aman gunakan ibu hamil.

Info Bumil Lainnya