4 TIPS KEHAMILAN DENGAN DIABETES

4 tips kehamilan dengan diabetes ini perlu diperhatikan para Bunda yang sedang mengandung. Diabetes gestational ataupun yang biasa disebut dengan diabetes kehamilan seringkali membuat para ibu hamil merasa kebingungan mengenai bagaimana pola makan mereka. Tidak jarang juga mereka merasa panik saat dokter mendiagnosa sang ibu terkena diabetes kehamilan ini.

Penyakit diabetes saat hamil ini disebabkan karena plasenta yang membuat jumlah produksi insulin yang terhambat, dan ternyata hal tersebut dialami oleh sekitar 18% ibu hamil. Jangan terlalu khawatir, kadar gula Bunda bisa kembali normal kok. Coba saja untuk mengikuti 4 tips kehamilan dengan diabetes berikut ini agar Bunda & bayi tetap sehat sampai proses persalinan selesai.

Makan sedikit saja tapi lebih sering

Bagilah makanan Bunda jadi beberapa porsi kecil & makanlah dengan bertahap, namun teratur. Umumnya para ibu hamil bisa makan sebanyak 5-8 kali sehari dengan porsinya yang kecil. Porsi kecil ini akan membuat kadar gula darah Bunda menjadi naik sedikit demi sedikit saja & tidak akan mengalami lonjakan. Selain itu, makan dengan porsi yang kecil juga akan mencegah Bunda dari mual saat makan.

4 tips kehamilan dengan diabetes

Image: kenetictechnologies.com

Konsumsi makanan sehat

Jangan lupa untuk selalu mengisi piring Bunda dengan berbagai makanan sehat. Makanan sehat sangat penting bagi kondisi kesehatan Anda & juga kebutuhan janin dalam kandungan. Makanlah lebih banyak asupan sayur & buah-buahan yang baik bagi kehamilan dari biasanya.

Hitung asupan karbohidrat

Karbohidrat nantinya akan dipecah jadi glukosa dalam tubuh Anda, oleh karena itu, sangat penting bagi Bunda untuk menghitung jumlah berapa karbohidrat & gula dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh Bunda saat mengalami diabetes gestational. Bunda dapat mencari informasi mengenai hitungan karbohidrat ini di internet, majalah atau Carb Count dari ahli gizi atau dokter Anda.

Cukupilah kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan asupan cairan akan membantu dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun hindarilah minuman manis atau minuman dengan gula tambahan. Sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih, yang disarankan adalah 8 gelas sehari agar berbagai racun di dalam tubuh Anda terbuang & kadar gula jadi lebih terjaga.

Itulah 4 tips kehamilan dengan diabetes yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda selalu rutin untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar dapat membantu Anda dalam mengatur pola makan & mengecek kesehatan Bunda juga janin saat mengalami diabetes getasional ini.

Info Bumil Lainnya