SERING BUANG ANGIN SAAT HAMIL, BAHAYAKAH?

Sering buang angin saat hamil, bahayakah? Mungkin itu yang jadi pertanyaan banyak Bunda karena dalam masa kehamilan yang dijalaninya mengalami hal tersebut. Selama hamil, sistem tubuh Bunda yang paling sering mengalami gangguan adalah sistem pencernaan, yang seringkali muncul dimulai dari rasa mual dan muntah, sembelit hingga sering kentut saat hamil. Keluhan sering buang angin selama kehamilan tersebut biasanya mulai dapat dirasakan calon ibu pada saat kehamilannya telah memasuki usia 15 minggu.

Kesulitan di dalam mengontrol buang angin atau kentut yang sering dialami oleh para ibu hamil awalnya ditandai juga dengan gejala kembung serta kram perut. Meskipun cukup mengganggu, namun kondisi kehamilan seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu Anda khawatirkan Bunda. Sering buang angin saat hamil ini umumnya disebabkan oleh pembesaran ukuran rahim Bunda seiring dengan tumbuh kembang janin. Hal ituah yang pada akhirnya dapat menyebabkan seorang ibu hamil memiliki sedikit ruang saja untuk dapat memproduksi gas yang ada di dalam perutnya, akhirnya terjadilah proses kentut atau buang-buang angin dengan frekuensinya yang cukup sering.

Sering buang angin saat hamil

Image: imedikus.ru

Selain itu, keluhan sering kentut saat hamil yang banyak dialami para ibu juga bisa dikarenakan proses dari kerja usus yang melambat dikarenakan adanya gangguan h0rmon progesteron pada tubuh seorang ibu hamil. Nah, apabila kondisi sering buang angin selama kehamilan sudah semakin mengganggu, Bunda tidak usah cemas. Cara paling mudah untuk dapat mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan selalu menjaga pola makan.

Apabila Anda sering kentut saat hamil dan bahkan terlalu sering, sebaiknya Anda mulai mengurangi makanan-makanan yang bisa memicu timbulnya gas yang ada di dalam perut Anda, misalnya seperti kol, tape, lobak dan ubi jalar. Selain itu, hindari juga makan makanan dengan porsi yang cukup besar dalam satu waktu. Untuk gantinya, makanlah dengan porsi yang kecil namun dalam rentang waktu yang pendek. Hal tersebut akan membantu sistem pencernaan Anda untuk mencerna lebih baik. Baca juga: 5 Tips Atasi Bengkak Kaki Saat Hamil.

Nah, mulai sekarang Bunda tidak perlu khawatir jika sering buang angin saat hamil. Namun apabila kondisi sering buang angin selama kehamilan Anda tidak berkurang meskipun Anda sudah menjaga pola makan, Anda bisa langsung memeriksakannya kepada dokter kandungan.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil