9 TIPS IBU HAMIL MENGANDUNG BAYI KEMBAR

9 tips ibu hamil mengandung bayi kembar ini perlu Anda perhatikan bagi seorang wanita yang mendapatkan kesempatan hamil anak kembar. Jadi, apabila Bunda sudah mengetahui bahwa Bunda saat ini sedang mengandung anak kembar, maka berbahagialah. Memang bagi beberapa orang mungkin akan membuat bingung dengan apa saja  yang perlu lakukan.

Tidak usah cemas Bunda, berikut ini ada 9 tips ibu hamil mengandung bayi kembar yang bisa Bunda lakukan untuk dapat melewati masa kehamilan kembar dengan nyaman.

Tetap tenang

Bunda mungkin saja akan kaget saat pertama kali Bunda mendapat kabar bahwa Bunda ternyata mengandung anak kembar. Meskipun demikian, tetaplah tenang & percaya bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja.

9 tips ibu hamil mengandung bayi kembar

Image: rocketparents.com

Jangan kaget jika berat badan naik drastis

Hamil anak kembar tentu saja akan membuat tubuh Anda menjadi lebih besar dibanding berat badan ibu hamil yang cuma mengandung satu anak saja. Bunda harus siap juga dengan hal ini. Bunda mungkin nantinya akan mendengar banyak orang berkomentar mengenai berat badan Anda. Baca juga: Tabel Berat Badan Ibu Hamil & Janin.

Siapkan dana untuk biaya tak terduga

Saat dinyatakan hamil anak kembar, sebaiknya mulailah mengatur berbagai pengeluaran yang mungkin akan Anda butuhkan. Saat mengasuh sepasang anak kembar, akan ada cukup banyak biaya tak terduga yang mungkin Bunda temui. Oleh sebab itu, Bunda disarankan juga untuk menyiapkan biaya tambahan lainnya untuk berbagai keperluan yang tak terduga.

Siapkan pelembab untuk perut

Hamil anak kembar tentu saja akan membuat perut Bunda jadi sangat buncit. Bunda membutuhkan pelembab untuk dapat melindungi kulit dari timbulnya rasa gatal yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Pilihlah pelembab khusus untuk ibu hamil agar aman bagi kehamilan Bunda.

Makanlah dalam porsi yang kecil

Saat sedang hamil bayi kembar, Anda tentu harus banyak makan untuk dapat memenuhi asupan nutrisi. Tapi, Bunda tidak dapat makan sekaligus dengan porsi besar karena bisa membuat perut jadi sakit. Makanlah dengan porsi yang kecil namun cukup sering.

Gunakanlah ikat pinggang khusus

Untuk dapat membantu kandungan Anda agar lebih terasa ringan, Anda dapat memakai sebuah ikat pinggang yang memang diperuntukkan khusus bagi para ibu hamil yang bisa ditemukan di toko perlengkapan hamil & bayi.

mengandung anak kembar

Image: navza.com

Pakailah bantal ekstra

Bantal ekstra ini akan membantu Anda untuk dapat tidur nyenyak saat kandungan Anda mulai membesar. Gunakanlah bantal tersebut untuk dapat menyangga kandungan Anda. Baca juga: Ini Dia 6 Perlengkapan Wajib Ibu Hamil Yang Penting.

Tidur siang

Tidur siang ini akan membantu Bunda untuk jadi lebih bertenaga. Jangan menyia-nyiakan waktu siang Anda untuk beraktifitas yang bisa membuat Anda jadi kelelahan.

Tambah berat badan

Tentu saja akan sangat berbeda antara berat badan bagi wanita hamil dengan anak kembar dengan yang mengandung hanya satu anak saja. Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai berapa kenaikan berat badan ideal yang perlu Bunda capai.

Itulah 9 tips ibu hamil mengandung bayi kembar yang harus diperhatikan. Pastikan Bunda selalu rutin memerikasakan kehamilan kembar bunda pada dokter kandungan ya agar kesehatan Bunda dan dua janin yang Bunda kandung selalu sehat sampai tibanya persalinan.

Info Bumil Lainnya

Tags: Bayi Dalam Kandungan Tips Ibu Hamil