4 TIPS MENGATASI BANYAK BERKERINGAT SAAT HAMIL

Simak 4 tips mengatasi banyak berkeringat saat hamil ini apabila Anda termasuk yang mengalaminya. Selama menjalani masa hamil, Bunda sebenarnya wajar saja jika mengalami keringat berlebih yang sering membuat tubuh menjadi merasa gerah. Keringat berlebih pada ibu hamil ini bukan hanya muncul pada saat Anda melakukan berbagai aktivitas berat saja, namun bahkan di saat Anda sedang diam & tidak melakukan aktifitas apapun, Anda mungkin tetap saja berkeringat dengan volumenya yang cukup banyak.

Sebelum mengetahui 4 tips mengatasi banyak berkeringat saat hamil, sebaiknya Kita mengetahui dulu penyebabnya. Lantas apa penyebab sering berkeringat saat kehamilan ini? gangguan keringat berlebih seperti ini biasanya terjadi karena beberapa macam kondisi. Salah satunya yang jadi penyebab sering berkeringat saat kehamilan ini adalah karena terjadinya peningkatan aliran darah Anda ke dalam kulit. Pada saat aliran darah dalam tubuh yang masuk ke dalam lapisan kulit meningkat, hal tersebut akan secara otomatis merang-sang kelenjar keringat untuk dapat menstabilkan suhu tubuh Anda, hasilnya Anda menjadi lebih banyak dalam berkeringat dibandingkan dengan biasanya.

4 tips mengatasi banyak berkeringat saat hamil

Image: www.hellawella.com

Penyebab sering berkeringat saat kehamilan selain karena peningkatan aliran darah yang masuk ke dalam kulit, ada juga penyebab lainnya adalah karena adanya peningkatan dalam produksi hormon pro-gesteron yang ada pada dalam tubuh juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya keringat berlebih pada ibu hamil. Hormon pr0gesteron ini memiliki sifat thermogenik yang bisa menyebabkan hawa yang panas. Itulah sebabnya Anda mudah sekali untuk berkeringat.

Meskipun terbilang wajar dan juga normal, namun kondisi seperti ini memang akan sangat terasa mengganggu para wanita hamil? Nah, supaya Bunda tidak terganggu dengan keringat berlebih pada ibu hamil ini, beberapa tips ini mungkin bisa membantu Anda.

Gunakan baju hamil longgar

Menggunakan baju yang longgar akan mampu memberikan tubuh Anda rasa nyaman meskipun berkeringat, karena pakaian tidak akan menempel pada pada tubuh di saat keringat mulai membanjir yang nantinya akan membuat tubuh Bunda semakin tak nyaman.

Gunakan baju hamil berbahan katun

Kain katun yang dapat menyerap keringat akan membuat Bunda merasa nyaman memakainya ketika Anda sedang berkeringat selama menjalani kehamilan ini. Baca juga: 7 Tips Memilih Baju Hamil Yang Tepat.

Hindari dulu makanan pedas

Makanan yang bercitarasa pedas akan menimbulkan sebuah sensasi panas pada lidah dan juga akan memicu munculnya keringat yang lebih banyak. Baca juga: Amankah Makanan Pedas bagi Kehamilan?

Kurangi stress

Selain adanya perubahan hormon, stress juga cukup sering dikaitkan dengan adanya produksi keringat berlebih saat menajalani kehamilan. Oleh karena itu, mengurangi stress dengan cara menghindari berbagai hal yang dapat memicu stress ini akan secara otomatis dapat mengurangi produksi keringat berlebih Anda selama masa kehamilan. Baca juga: Kenapa Wanita Hamil Sering Emosional & Moody?

Nah, 4 tips mengatasi banyak berkeringat saat hamil yang bisa Anda coba untuk menghindari rasa tidak nyaman dikarenakan keringat yang berlebih selama kehamilan.

Info Bumil Lainnya