3 RISIKO HAMIL DI USIA 30 – 40 TAHUNAN

3 risiko hamil di usia 30 hingga 40 tahunan ini perlu Anda fahami jika saat ini sedang menunda kehamilan hingga memasuki rentang usia tersebut. Banyak wanita di zaman sekarang yang bukan hanya jadi seorang ibu rumah tangga tapi juga jadi seorang wanita karir yang sangat aktif sekali. Hal tersebut memang merupakan salah satu kemajuan yang cukup bagus bagi generasi wanita, namun karir seringkali menjadi salah penghalang para wanita untuk dapat hamil di usia muda.

Karena terlalu mengejar kesuksesan di dalam karirnya, seringkali para wanita ini harus menunda untuk segera hamil & kemudian baru memutuskan untuk mengandung bayi pada usia 30 tahunan ke atas. Padahal mengandung di usia 30-34 tahun ini sebenarnya tidak dianjurkan oleh para ahli medis dokter dikarenakan berbagai hal. Nah, mau tahu apa saja yang mungkin Anda hadapi saat mengandung bayi di usia ini? Berikut ini 3 risiko hamil di usia 30 hingga 40 tahunan yang harus Anda  pahami ketika hamil di usia tersebut.

3 risiko hamil di usia 30 hingga 40 tahunan

Image: www.parents.com

Kenali Tubuh Anda

Kesuburan wanita akan mulai menurun di usia 30an, namun perubahan tersebut terjadi dengan bertahap, selama 5 tahun ke depan & seterusnya. Sebab kesuburan tubuh Anda mulai berkurang, ada kemungkinan Anda membutuhkan treatment untuk meningkatkan kesuburan agar dapat mengandung bayi di usia ini.

Untuk seorang wanita yang berusia di bawah usia 35 tahunan, tingkat keberhasilan dari fertilisasi in vitro adalah 25 hingga 28% & persentase ini akan makin turun saat usia Anda memasuki 30-34 tahun. Bukan cuma itu, sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa potensi untuk melahirkan dengan cara operasi cesar ternyata 2x lebih tinggi pada seorang wanita usia 30 hingga 34 dibandingkan dengan mereka yang berusia 20 tahunan.

Kesiapan Emosi Diri

Secara tubuh, wanita lebih siap untuk hamil di usia 20 tahunan, secara emosional seorang wanita lebih siap untuk mengandung di usia ini. Sebab di usia inilah wanita seringkali menyadari betapa pentingnya memiliki anak & ingin mengembangkan kehidupan dalam rumah tangganya setelah berhasil di dalam hal karir. Tapi wanita juga sadar sekaligus khawatir apakah tubuhnya tersebut masih bisa mengandung anak.

Risiko Bagi Bayi

Risiko yang akan dihadapi bayi saat Anda hamil di usia 30 hingga 40 tahun adalah memiliki tingkat keguguran yang terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 11,7% dibandingkan di saat Anda berusia 20 tahunan. Selain  itu, risiko bayi mengalami untuk Down Syndrome & lahir dengan kelainan ataupun cacat juga akan meningkat. Baca juga: 21 Tips Cepat Hamil Dalam Sebulan.

Nah itulah 3 risiko hamil di usia 30 hingga 40 tahunan yang perlu Anda perhatikan. Memang mengandung di usia tersebut sangat berisiko, namun bukan berarti Anda tidak punya harapan. Selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan sebelum mulai hamil dan juga menjaga pola hidup yang sehat menjadi kunci kenyamanan dan kelancaran dalam menjalani kehamilan.

Info Bumil Lainnya

Tags: Tips Ibu Hamil