8 PERUBAHAN SAAT USIA KEHAMILAN 5 BULAN

8 perubahan saat usia kehamilan 5 bulan ini penting untuk diketahui para calon ibu agar tidak kaget jika mengalaminya saat hamil telah menginjak usia lima bulan. Saat hamil, ada berbagai perubahan yang akan terjadi dalam tubuh seorang ibu. Bahkan perubahan tersebut bukan hanya tentang perubahan fisik saja, namun juga perubahan mental. Dan pada saat usia kehamilan Anda memasuki lima bulan, ada beberapa perubahan baru yang akan terjadi.

Jika saat ini Anda sedang mengandung bayi berusia lima bulan atau mungkin saja baru mempersiapkan program kehamilan, ada sejumlah hal penting yang harus Anda ketahui. Sedikitnya ada 8 perubahan saat usia kehamilan 5 bulan. Perubahan-perubahan tersebut mungkin tampak tidak biasa, namun semua perubahan tersebut tergolong masih normal. Sehingga Anda tidak usah panik menghadapinya.

usia kehamilan 5 bulan

Image: www.livestrong.com

Cukup Sering Bermimpi Buruk

Kombinasi antara susah tidur atau insomnia dan juga stres menyambut kelahiran si buah hati bisa saja menjadi penyebab Anda sering bermimpi buruk. Jika Anda mimpi buruk, sebaiknya cobalah untuk tetap tenang. Tariklah napas dalam secara perlahan atau dengarkanlah musik yang lembut. Buatlah diri agar Anda kembali tenang. Anda juga sebaiknya kembali berdo’a dan membalik bantal yang digunakan, biasanya ini cukup efektif mengusir mimpi buruk. Jika perlu catatlah seberapa sering Anda bermimpi buruk untuk dapat dikonsultasikan pada dokter. Baca juga:

Perut Buncit Semakin Jelas

Pada saat usia kehamilan Anda sudah memasuki  5 bulan, maka tentunya perut Anda akan tampak lebih buncit. Namun, tentu saja, setiap ibu dapat mengalami hal yang berbeda-beda jika berkaitan dengan hal ini.

Mulai Dapat Mengetahui Jenis Kel-amin Bayi

Nah, Anda sudah dapat mencoba mengetahui jenis kel’amin bayi pada saat usia kehamilan Anda telah memasuki usia lima bulan. Segera saja pergi ke dokter dan kemudian melakukan pemeriksaan USG. Baca juga: Inilah Jadwal USG Sesuai Usia Kehamilan.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Bayi Anda yang semakin besar di dalam kandungan akan semakin menekan organ ginjal. Sehingga Anda nantinya akan lebih sering ingin buang air kecil. Meskipun Anda akan lebih sering ingin buang air kecil, namun jangan lupa untuk tetap menjaga asupan minum air putih yang cukup ya, karena jika terjadi dehidrasi akan berbahaya bagi janin dalam kandungan. Baca juga: Studi: Bahaya Dehidrasi Bagi Kehamilan.

Tendangan Bayi Yang Lebih Kuat

Anggota badan si kecil dalam kandungantentunya sudah makin berkembang. Sehingga dia akan semakin aktif juga. Anda pun akan sering merasakan gerakan ataupun tendangan janin yang lebih kuat dari biasanya. Baca juga: Seberapa Sering Normalnya Bayi Menendang Dalam Perut?

Rambut, Kuku & Alis Bayi Mulai Tumbuh

Di usia kehamialn Bunda yang sudah memmasuki lima bulan, bayi di dalam kandungan sudah mulai punya rambut, kuku & alis.

Bayi Mulai Memproduksi Mekonium

Apakah itu mekonium? Mekonium ini adalah senyawa tidak berbahaya, senyawa ini tersusun dari berbagai hal yang sudah ditelan atau dimakan oleh bayi saat berada di dalam rahim. Mekonium ini juga dinamakan juga tahi gagak, t!nja yang berwarna hitam kehijauan ini pertama kali keluar dari du’bur bayi Anda yang baru lahir.

Rasa Nyeri Pada Beberapa Bagian Sendi

Anda mungkin akan merasakan nyeri atau rasa pegal pada sejumlah bagian sendi, misalnya sekitar pinggang, perut & selangkangan. Namun tidak usah khawatir. Hal tersebut normal terjadi. Untuk dapat mengatasinya, Anda dapat memakai kompres air hangat & hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba. Juga jangan lupa untuk berolahraga ringan dengan teratur. Baca juga: 6 Olahraga Aman Untuk Ibu Hamil.

Itulah 8 perubahan saat usia kehamilan 5 bulan. Penting untuk selalu memeriksakan kehamilan Anda dengan rutin ke bidan ataupun dokter. Jika Anda mengalami berbagai keluhan yang tidak biasa, jangan pernah ragu untuk segera mencari bantuan ya Bun.

Info Bumil Lainnya