5 NUTRISI AGAR BAYI CERDAS SEJAK DALAM KANDUNGAN

5 nutrisi agar bayi cerdas sejak dalam kandungan ini penting untuk diketahui para ibu hamil. Mungkin hal ini bukan yang pertama kalinya Bunda mendengar bahwa apapun makanan yang Anda konsumsi saat menjalani masa kehamilan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi Anda secara fisik. Namun apakah Anda juga mengetahui bahwa makanan juga ternyata dapat mempengaruhi kecerdasan anak?

Sebagai wanita yang sedang hamil, Anda harus memastikan bahwa berbagai makanan yang Anda konsumsi punya kandungan nutrisi yang penting untuk kecerdasan bayi. Berikut ini merupakan 5 nutrisi agar bayi cerdas sejak dalam kandungan yang harus selalu Anda penuhi.

Asam folat sebagai suplemen prenatal

Suplemen prenatal atau masa sebelum kelahiran dengan nutrisi asam folat sangatlah penting untuk kecerdasan janin. Asam folat merupakan nutrisi yang penting dalam proses pembentukan sel otak.

5 nutrisi agar bayi cerdas sejak dalam kandungan

Image: www.nadyacooking.com

Menurut temuan dari penelitian yang pernah diterbitkan dalam tulisan Journal of American Medical Association membuktikan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi asam folat dalam waktu 4 minggu sebelum masa kehamilannya & 8 minggu setelah kehamilannya mempunyai 40% kemungkinan akan terhindar dari autism pada anaknya nanti. Sumber paling baik dari asam folat ini adalah sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli & kubis. Baca juga: 7 Sumber Asam Folat Terbaik Bagi Kehamilan.

Makanan kaya omega-3

Asam lemak omega-3 ini sangat penting karena berfungsi dalam pembentukan neuron bayi. Neuron adalah saraf dalam tubuh bayi yang mengirimkan impuls listrik ke bagian otak & pesan kepada organ tubuh lainnya. Anda bisa mendapatkan sumber kandungan omega-3 ini dari berbagai macam ikan, telur, bayam, tahu, daging merah, wallnut serta kacang-kacangan.

Antioksidan

Anatioksidan merupakan nutrisi yang dapat membantu melawan paparan radikal bebas yang bisa merusak jaringan otak dari calon bayi Anda. Antioksidan ini banyak terdapat di dalam sayur & buah-buahan seperti pepaya, sayuran yang berdaun hijau tua, tomat serta buah berri. Pastikanlah buah dan juga sayurannya dalam kondisi yang bersih sebelum Anda mengonsumsinya. Baca juga: 8 Buah Terbaik Untuk Wanita Hamil.

Makanan yang kaya zat besi

Zat besi adalah salah satu nutrisi penting dalam menjalani masa kehamilan Anda. Nutrisi ini berfungsi untuk mengirimkan asupan oksigen pada bayi. Dampak kekurangan oksigen pada bayi sangat buruk bagi IQ sang bayi.

Hal tersebut juga akan berdampak buruk bagi pertumbuhan janin dalam kandungan Anda. Untuk dapat mengetahui kadar zat besi di dalam darah, Anda dapat meminta bantuan dokter kandungan. Makanan yang jadi sumber zat besi antara lain adalah daging ayam, sereal, berbagai kacang-kacangan dan juga daging sapi tanpa lemak. Baca juga: Khasiat Penting Zat Besi Bagi Kehamilan.

Protein

Saat sedang mengandung, tubuh Anda membutuhkan asupan protein lebih untuk dapat membantu berkembangnya sel-sel baru dan juga hormon yang mampu meningkatkan pertumbuhan bayi. Setidaknya Anda dapat menambahkan sekitar 10 gram protein tiap harinya. Anda dapat mendapatkan protein ini dari sup kacang, tiga ons daging tanpa lemak serta selai kacang.

Itulah 5 nutrisi agar bayi cerdas sejak dalam kandungan. Memilih asupan makanan yang tepat di saat hamil sangat berperan penting bagi pertumbuhan bayi Bunda, termasuk tentang kecerdasan otak. Makanan-makanan tersebut bisa menjadi pilihan menu Anda selama kehamilan karena makanan tersebut terbukti sangat baik bagi kecerdasan janin.

Info Bumil Lainnya

Tags: Nutrisi Ibu Hamil