5 MANFAAT BUAH JERUK UNTUK IBU HAMIL

5 manfaat buah jeruk untuk ibu hamil ini menjadi kabar gembira bagi yang suka jeruk. Anda tentu saja sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini. Jeruk, memang buah manis asam segar yang menjadi favorit kebanyakan orang. bukan cuma karena rasanya yang sering membuat kita suka, tapi juga aneka kandungan vitamin dan juga nutrisinya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan seorang ibu saat hamil muda.

Karena aroma jeruk yang segar serta rasanya yang manis asam tersebut, banyak wanita hamil yang  sering menggunakan buah jeruk ini sebagai alternatif penghilang morning sickness atau rasa mual di saat hamil muda. Namun, manfaat jeruk bukan hanya sebagai pereda rasa mual. Karena  satu buah jeruk dapat memasok setidaknya 15% kebutuhan harian dari gizi ibu hamil. Di dalam setiap 100 gram buah jeruk terdapat 295 IU vitamin A, 67,9 mg vitamin C, 40 mcg folat, kalium sebanyak 338 mg dan berbagai nutrisi penting lainnya bagi tubuh & janin. Karena kandungan berbagai vitamin serta nutrisi yang beraneka inilah, jeruk punyabanyak manfaat bagi kesehatan Bunda saat hamil muda. Apa saja sebenarnya manfaat tersebut? Inilah 5 manfaat buah jeruk untuk ibu hamil.

manfaat buah jeruk untuk ibu hamil

Image: youqueen.com

Jeruk Sumber Antioksidan

Jeruk memiliki vitamin C yang diketahui cukup tinggi. Vitamin C tersebut bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh Anda saat hamil. Sebab, saat Bunda sedang hamil, apalagi saat hamil muda, tubuh Anda membutuhkan imunitas yang cukup tinggi untuk mempertahankan kondisi kesehatan fisik serta kesehatan janin. Oleh karena itu, makan buah jeruk akan membantu Anda untuk mendapat imunitas tubuh yang kuat.

Jeruk Sumber Kandungan Folat

Selain kandungan vitamin C, buah jeruk juga punya kandungan folat yang sangat bermanfaat bagi perkembangan semua sistem syaraf dan juga pembentukan tabung syaraf selama masa hamil di trimester pertama. Makanlah jeruk yang mengandung sedikitnya sekitar 40 mcg folat setidaknya dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan asupan folat harian Anda, yaitu sekitar 600 mcg setiap harinya. Baca juga: 5 Manfaat Sehat Apel Bagi Kehamilan.

Jeruk Membantu Kesetabilan Tekanan Darah

Ketika hamil, banyak wanita yang sering mengalami masalah dengan tekanan darahnya yang naik turun. Jeruk yang punya kandungan kalium sekitar 338 mg di dalam 100 gram-nya dapat membantu untuk dapat mengatur tekanan darah Bunda agar tetap stabil.

Jeruk Membantu Merasa Kenyang

Jeruk bisa dijadikan pilihan camilan yang sangat sehat bagi seorang ibu hamil. Jeruk tentunya tidak memiliki kandungan lemak, buah jeruk juga mengandung jumlah kalori yang cukup rendah. Hal tersebut membuat buah ini bisa menjadi alternatif yang enak untuk camilan Anda selama menjalani masa hamil dan membantu Bunda agar merasa kenyang agar  terhindar dari kegemukan di saat hamil.

Jeruk Bantu Mengatasi Dehidrasi

Jeruk yang punya kandungan vitamin C tinggi serta banyak memiliki kandungan air bermanfaat untuk dapat mencegah dehidrasi. Ibu yang sedang hamil muda & sering mengalami masalah dengan mual dan muntah dapat memilih jeruk sebagai alternatif yang enak untuk meminimalisir rasa mual & muntah morning sickness, juga mengatasi kemungkinan terkena dehidrasi. Baca juga: Inilah Tanda Anda Dehidrasi Saat Hamil.

Nah, itulah 5 manfaat buah jeruk untuk ibu hamil, terutama selama masa hamil muda. Namun, harus diingat, meskipun buah jeruk punya banyak kandungan nutrisi hebat yang bermanfaat untuk kehamilan, Anda tetap jangan berlebihan di dalam mengonsumsinya ya. Karena segala sesuatu yang berlebihan selalu berdampak tidak baik.

Info Bumil Lainnya