4 PENYEBAB BAYI SUNGSANG & CARA MENGATASINYA

4 penyebab bayi sungsang & cara mengatasinya ini menjadi pengetahuan wajib bagi para Bunda yang sedang hamil atau sedang dalam program kehamilan. Tentu saja tidak ada satu orang ibu hamil pun yang menginginkan hal ini, namun Anda perlu mengetahuinya

Menurut penelitian dr. Stoppard, 4 bayi dari 100 bayi lahir di dalam posisi sungsang, sehingga ia menegaskan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang normal. Posisi bayi sungsang dalam kehamilan bukanlah sebuah kelainan. Justru itu satu tanda bahwa bayi dalam kandungan Anda aktif bergerak. Sebelum memahami lebih jauh tentang 4 penyebab bayi sungsang & cara mengatasinya, Kita ketahui dulu kapan bayi dalam kandungan dikatakan sungsang?

Bayi sungsang adalah kondisi bayi dalam rahim seorang ibu hamil yang posisi kepalanya ada di bagian atas, sedangkan pantat bati ada di bagian bawah. Padahal normalnya untuk dapat melakukan persalinan secara normal, posisi kepala si kecil seharusnya ada di bawah.

4 penyebab bayi sungsang & cara mengatasinya

Image: www.solusisehatku.com

Adakah risiko bayi sungsang membuat bayi terlahir cacat?

Iya ada, namun hal itu sangat kecil. Para peneliti juga menjelaskan bahwa ada sekitar 93% bayi sungsang yang terlahir ke dunia ini dengan normal.

Apa penyebab bayi sungsang?

Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui dengan pasti penyebab kenapa bayi bisa sungsang. Namun para peneliti menyebutkan bahwa ada beberapa macam kondisi yang memungkinkan menjadi penyebab terjadinya bayi sungsang ini. Kondisi-kondisi ini seperti berikut.

Bentuk rahim yang tidak normal

Wanita yang  mempunyai rahim  septum uterus  atau memanjang sangat memungkinkan atau berisiko untuk mempunyai bayi sungsang. Bentuk yang satu ini menyulitkan bayi Anda untuk dapat berputar ke posisi normal.

Volume air ketuban

Volume air ketuban seorang ibu hamil yang terlalu banyak ataupun sedikit sama-sama memiliki risiko jadi penyebab bayi sungsang. Apabila terlalu banyak memungkinkan sang bayi dalam kandungan bergerak dengan lebih leluasa seperti halnya berenang. Sedangkan apabila volume air ketubannya sangat sedikit menyulitkan bagi si bayi untuk berputar.

Plasenta berada di lokasi yang tidak seharusnya

Plasenta seorang ibu hamil yang menutupi bagian rongga rahim atau jalan lahirnya akan menyulitkan kepala janin untuk masuk ke jalan lahir & kesulitan berada pada posisi normal.

Ukuran bayi terlalu kecil & terlalu besar

Ukuran bayi Anda yang kecil menyebabkan dia akan sangat mudah untuk berubah posisi di dalam kandungan. Tapi tubuh bayi Anda yang terlalu besar juga membuatnya tidak bisa bebas dalam bergerak.

Cara mengatasi bayi sungsang agar bisa kembali ke posisi semula

Sebaiknya Anda mengatasi bayi sungsang ini dengan menggunakan cara yang alami terlebih dahulu. Misalnya seperti mengikuti kelas senam ibu hamil atau lakukanlah sendiri beberapa gerakan senam kehamilan di rumah. Baca juga: Video Gerakan Senam Ibu Hamil Di Rumah Sendiri.

Cara lainnya yang efektif dan sudah dibuktikan banyak Bunda adalah melakukan gerakan sujud secara rutin dalam sehari 5 kali dengan waktunya sekitar 3 sampai 5 menit, untuk Anda yang muslimah hal ini akan mudah karena Anda tinggal memperlama setiap sujud dalam shalat sambil membaca banyak doa. Orang tua zaman dulu juga seing menyarankan wanita hamil untuk mengepel lantai rumah dengan memakai tangan, hal itu karena gerakan jongkok saat mengepel dipercaya bisa memperbaiki posisi bayi sungsang.

Itulah 4 penyebab bayi sungsang & cara mengatasinya. Selain cara di atas, beberapa ahli medis juga memberi saran untuk mengatasi hamil bayi sungsang dengan meminta pertolongan dokter, namun sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Hindarilah membetulkan posisi bayi sungsang ini dengan mendatangi ke dukun bayi atau dengan pijat tradisional.

Info Bumil Lainnya