PUNYA KISTA SAAT HAMIL, BERBAHAYAKAH?

Punya kista saat hamil, berbahayakah? Itulah sebuah pertanyaan beberapa ibu hamil yang memiliki masalah dengan kesehatannya. Di zaman sekarang ini, tumor & kista bisa menyerang siapa saja. Oleh sebab itu penting bagi para wanita melakukan pemeriksaan terlebih dulu sebelum melakukan hubungan s*ks, bahkan sebelum Anda menikah. Dengan cara demikian, Anda tidak akan merasa cemas pada saat mereka menemukan masalah di kemudian hari.

Banyak juga diantara wanita yang takut jika kista akan membuat mereka tidak dapat memiliki anak. Bahkan ada juga yang takut bahwa penyakit ini akan menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan karena secara langsung berkaitan dengan aset kewanitaan. Oleh sebab itu Anda harus mengenali jenis dari kista ini agar jika Anda atau ada yang bertanya, punya kista saat hamil, berbahayakah? Anda bisa menjawabnya dengan baik tanpa harus takut atau panik duluan.

Punya kista saat hamil, berbahayakah?

Image: www.pregnancyandbaby.com

Kista Ovarium

Biasanya kista ovarium ini termasuk dalam kategori kista jinak. Tapi Anda perlu untuk berhati-hati juga, karena jika kista ini semakin membesar sampai 6 – 8 cm, utamanya jika kista ini muncul pada masa kehamilan. Umumnya kista berukuran di bawah 5 cm masih aman bagi kehamilan.

Kista jenis ini sebenarnya tidak akan mengganggu terhadap perkembangan janin, tapi jika timbul rasa sakit, mungkin saja ini merupakan akibat perkembangan dari kista yang memecah. Jika sakit seperti ini terjadi, segeralah menghubungi dokter. Bila kondisi seperti ini terjadi pada saat masa kehamilan, bisa saja menyebabkan bayi jadi lahir prematur. Baca juga: 7 Tips Mencegah Persalinan Prematur.

Kista Endometriosis

Endometriosis terkadang tidak berbentuk sebagaimana kista & bentuknya lebih seperti kelenjar di bagian dinding rahim, tapi tumbuh di area bagian luar rahim. Bisa dibilang, kista seperti inilah yang membuat seorang wanita kurang subur karena dapat melepaskan sell telur yang sudah matang & menyulitkan penangkapannya oleh tuba falopi. Jika kondisi seperti ini berkembang, biasanya akan membuat seorang wanita kesulitan untuk dapat hamil.

Penderita kista endometriosis dengan stadium 1-2 biasanya dapat punya anak secara normal setelah melakukan perawatan. Tapi untuk kista dengan stadium yang lebih lanjut, akan cenderung lebih sulit lagi untuk punya anak.

Apakah Kista Harus Operasi?

Perlu operasi atau tidaknya disesuaikan dengan jenis dan ukuran kista. Dan juga memperhatikan faktor usia seorang wanita. Ada jenis kista yang berangsur-angsur bisa sembuh. Tapi jika kistanya sudah sampai ukuran tertentu atau sudah menimbulkan nyeri, biasanya harus dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut hingga melakukan operasi.

Punya kista saat hamil, berbahayakah?, terjawab sudah pertanyan tersebut dengan penjelasan di atas bukan? Apabilal Anda saat ini sedang memiliki kista, jangan pesimis atau merasa takut dan bahkan panik. Tenang dan optimis kemudian tanyakan kepada dokter tentang alternatif apa yang dapat dilakukan agar dapat mengobatinya dan mencegahnya agar tidak bertambah parah. Kurangilah stres, pesimisme dan berbagai pikiran negatif lainnya, karena optimism Anda akan membuat kesembuhan menjadi lebih pesat.

Info Bumil Lainnya