5 MANFAAT HEBAT BAYAM BAGI IBU HAMIL

Sedang menjaani kehamilan? Bunda wajib tahu 5 manfaat hebat bayam bagi ibu hamil. Saat hamil, tentunya Anda sangat dianjurkan untuk memperbanyak makan sayur mayur yang kaya dengan kandungan vitamin serta berbagai nutrisi penting lainnya untuk kesehatan tubuh dan sekaligus janin yang ada dalam kandungan. Salah satu jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi pada saat hamil ini adalah bayam.

Sayuran hijau yang identik dengan sosok Popeye di dalam serial kartun kesayangan anak berjudul Popeye the Sailorman ini ternyata sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan. Nah, apa saja sebenarnya khasiat bayam bagi kehamilan? Yuk, cek selengkapnya 5 manfaat hebat bayam bagi ibu hamil berikut.

5 manfaat hebat bayam bagi ibu hamil

Image: urbanwired.com

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Bayam diketahui mengandung banyak zat folat ataupun asam folat. Anda yang sedang mengandung membutuhkan asam folat ini selama menjalani kehamilan untuk dapat melindungi perkembangan bayi Anda yang saat ini belum lahir dari risiko cacat lahir, misalnya seperti bibir sumbing dan lainnya. Baca juga: 7 Makanan Sumber Asam Folat Terbaik.

Mencegah Terkena Anemia

Banyak dari ibu hamil yang menderita anemia selama masa kehamilannya. Hal tersebut karena tubuh Bunda membutuhkan asupan zat besi tambahan untuk dapat membantu janin yang Anda kandung berkembang & tumbuh. Nah, ternyata sayuran hijau yang mudah didapat & harganya murah meriah ini memiliki segudang zat besi yang mampu mencegah dan sekaligus mengobati anemia selama menjalani kehamilan. Baca juga: Manfaat & Kebutuhan Zat Besi Harian Ibu Hamil.

   

Membantu Pembentukan Paru-paru

Bayam juga diketahui mengandung banyak beta karoten. Beta-karotenini merupakan nutrisi yang diubah jadi vitamin A di dalam tubuh, inilah yang membantu dalam pertumbuhan dan pembentukan paru-paru janin yang belum lahir. Selain dari itu, vitamin A juga akan membantu bayi Anda dalam mendapatkan berat badan yang cukup saat lahir sekaligus dapat meningkatkan metabolisme Anda saat sedang hamil.

Mencegah Wasir & Sembelit Saat Hamil

Sembelit sepertinya merupakan masalah yang umum dialami oleh wanita hamil, demikian juga halnya dengan wasir. Kedua gejala tersebut bisa diatasi dengan cara memasukkan bayam ke dalam menu harian Bunda. Sebab, seperti yang diketahui, sayuran hijau yang satu ini punya kandungan serat yang mampu membantu  Anda untuk memudahkan buang air besar dan sekaligus membantu mengatasi terjadinya sembelit.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jika sat ini Anda sedang hamil, sangatlah penting untuk selalu memantau tekanan darah Anda. Karena tekanan darah yang cukup tinggi selama dalam masa kehamilan bisa saja menjadi penentu hidup & mati, terutama di saat Anda melahirkan nanti. Oleh karena itu, konsumsilah bayam. Karena bayam ini mengandung nitrat yang akan membantu Anda dalam menjaga tekanan darah agar berada pada batas normal.

Nah, itulah 5 manfaat hebat bayam bagi ibu hamil, sangat menakjubkan bukan khasiat sayuran hijau yang murah meriah ini?. Tentunya, Anda sekarang sudah tidak usah ragu lagi untuk muali mengonsumsi bayam ya? Namun tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang tak berlebihan ya. Karena makan bayam dengan jumlah yang berlebihan malah akan menimbulkan berbagai masalah lainnya untuk kesehatan Anda, misalnya seperti baju ginjal. Jadi bijaklah dalam mengonsumsi apapun saat sedang hamil hingga melahirkan nanti.

Info Bumil Lainnya