9 PENYEBAB TERLAMBAT HAID SELAIN KEHAMILAN

Setidaknya ada 9 penyebab terlambat haid selain kehamilan yang harus diketahui. Karena orang seringkali bepikiran jika sudah telat mensturasi, maka itu meupakan tanda kehamilan yang cukup jelas dan mengira itu adalah kabar baik bagi yang sedang dalam program kehamilan. Namun hal itu menjadi kecemasan tersendiri bagi Anda yang sedang menunda kehamilan. Jadi Anda sebaiknya tidak perlu panik jika mengalami hal ini, apalagi jika sedang menunda kehamilan.

Ada beberapa diantaranya yang merupakan penyakit & Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Berikut 9 penyebab terlambat haid selain kehamilan dan ini juga yang menjadi penyebab haid Anda sering datang tidak teratur.

Turun berat badan secara drastis

Penurunan berat badan Anda yang terjadi dengan drastis bisa mengganggu terhadap kelancaran sirkulasi bulanan Anda. Hal tersebut dikarenakan sel te’lur Anda tidak mampu untuk berovu-lasi dengan baik, karena penurunan berat badan secara drastis tersebut membuat tubuh Anda tidak punya banyak hormon estro-gen di dalamnya.

9 penyebab terlambat haid selain kehamilan

Image: www.webmd.com

Naik berat badan secara drastis

Selain penurunan berat badan, peningkatan berat badan secara drastis juga menjadi penyebab terlambatnya haid. Baca juga: 20 Tanda Kehamilan Yang Terasa Dengan Jelas.

Olahraga berlebihan

Olahraga yang berlebihan juga diketahui sebagai salah satu penyebab tidak teraturnya siklus haid seorang wanita. Jadi, berolahragalah dengan teratur dan jangan terlalu memporsir tubuh Anda saat berolahraga.

Stres

Apabila Anda sering stres, baik itu karena pekerjaan atau masalah lainnya, maka ada bagian otak yang fungsinya untuk mengatur siklus haid terkena dampaknya. Bagian ini disebut dengan hipotalamus yang ternyata sangat sensitif sekali dengan dampak dari stres.

Masalah dengan tiroid

Kelenjar tiroid Anda yang terletak di leher, selain berfungsi untuk dapat mengatur metabolisme tubuh juga befungsi engatur beberapa sistem tubuh yang lainnya. Oleh sebab itu pada saat kelenjar tiroid Anda bermasalah, sedikit banyak dapat berdampak juga pada siklus haid Anda. Baca juga: 8 Ciri Anda Hamil Bayi Laki-Laki.

Gangguan ovar!um

Gangguan ovar!um seperti Polycystic Ovary Symptom alias PCOS bisa menganggu siklus mensturasi Anda. Sebab PCOS sendiri adalah ketidakseimbangan pada hormon estro-gen, proges-teron, dan testos-teron yang dapat menurunkan ovu-lasi. Hal tersebut dapat membuat siklus haid Anda tidak teratur.

Penyakit kronis

Penyakit kronis yang dialami seperti penyakit celiac juga bisa membuat siklus haid Anda jadi terlambat. Penyakit celiac sendiri merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya intoleransi gluten. Baca juga: 20 Ciri Anda Hamil Bayi Perempuan.

Pemakaian alat kont-rasepsi

Pemakaian alat kontra-sepsi bisa menimbulkan efek pada terlambatnya menstruasi. Hal itu karena beberapa jenis alat kontr-asepsi seperti suntikan, IUD ataupun pil KB bisa mengacaukan hormon dalam tubuh Anda.

Menopause dini

Menopause ini biasanya dialami oleh seorang wanita di usianya yang lebih dari 40 tahun. Namun apabila menopause tersebut terjadi di bawah usia tersebut, maka bisa menyebabkan siklus haid Anda terganggu. Baca juga: 21 Cara Cepat Hamil Dalam 1 Bulan.

Itulah 9 penyebab terlambat haid selain kehamilan. Infeksi, trauma & pengaruh obat-obatan tertentu juga menjadi penyebab lainnya pada ketidakteraturan siklus mensturasi. Hormon tentunya sangat memegang peran yang sangat penting untuk dapat mengatur siklus mens Anda. Oleh karena itu jagalah kesehatan hormon Anda dengan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi agar siklus bulanan Anda tidak terganggu. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Info Bumil Lainnya